Cerdas Berkendaraan diwaktu Musim Hujan

Artikel Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) 30 November 2014 16:59:32 WIB


Biasanya setiap kali hujan terjadi, akan diikuti oleh tantangan lain, seperti berkurangnya visibilitas, jalanan licin, genangan air, dan rintangan lain yang tak terduga, seperti pohon tumbang. Dalam kondisi ini, pengendara memerlukan penyesuaian cara mengemudi dan kewaspadaan ekstra dalam memeriksa kondisi mobil agar tetap prima. Agar perjalanan menggunakan mobil Anda lebih nyaman dan aman saat melewati hujan deras atau genangan air, berikut tips aman berkendara saat musim hujan :

Tetap Waspada dan Perhatikan Kondisi Kelengkapan Kendaraan 

Nyalakan lampu utama untuk membantu penglihatan Anda saat kondisi jalan minim cahaya dan berkabut. Usahakan tidak menggunakan lampu hazard, kecuali mobil yang Anda kendarai menjadi hambatan yang harus dihindari oleh pengendara lain. Pastikan wiper dalam kondisi yang baik. 

Mengemudi dengan Cerdas 

Mengemudilah secara halus dan hindari pengereman mendadak karena hal tersebut dapat menggoyahkan cengkeraman kendaraan Anda.Jaga jarak dengan kendaraan yang berada di depan untuk menghindari semprotan yang menyebabkan kaca kotor. 

Tekanan Ban Cukup 

Periksa tekanan dan alur ban mobil. Tekanan yang terlalu keras akan mengurangi daya cengkeram terhadap permukaan jalan. Sebaliknya, kurangnya tekanan ban mobil akan menyebabkan mobil lebih mudah selip di jalanan basah. 

Penggunaan Cruise Control 

Sistem cruise control sebaiknya tidak difungsikan pada jalanan basah. Jika cruise control diaktifkan, sistem akan mendeteksi perlambatan dan akan mencoba untuk meningkatkan kecepatan lagi. Hal ini akan menyebabkan pengemudi kehilangan kendali terhadap kendaraan sepenuhnya. 

Atur Jarak Pengereman dan Sebisa Mungkin Menghindari Aquaplaning 

Perlambat kendaraan saat melintasi genangan air untuk mengecilkan risiko terjadinya selip dan menambah jarak aman dengan kendaraan di depan. Kecepatan yang lebih rendah juga mengurangi kemungkinan terjadinya selip disebabkan genangan air (aquaplaning ). 

Waspada di Jalanan Banjir 

Usahakan untuk tidak melintasi jalan yang sudah tergenang banjir lebih dari setengah ban mobil.Jika harus melalui jalan yang tergenang, arahkan kendaraan Anda ke bagian tertinggi jalan karena air berada pada titik dangkal di titik tersebut. Gunakan gigi rendah -pertama atau ā€œLā€.

Sumber : koransindo