RAPAT KOORDINASI KOMISI PENANGGULANGAN HIV/AIDS

Uncategorised () 20 November 2014 04:56:13 WIB


Pelaksanaan Rapat Koordinasi Komisi Penanggulangan HIV/AIDS se Provinsi Sumatera Barat dilaksanakan pada tanggal 19 november 2014 bertempat di Aula Diklat Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Sumatera Barat, Jalan Pramuka Nomor 13 Khatib Sulaiman Padang. Adapun peserta rapat koordinasi komisi penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten/Kota se Sumatera Barat ini, sebanyak 57 orang yang terdiri dari 19 kabupaten/kota masing-masing 1 orang dari unsur pemberdayaan masyarakat kabupaten/kota, 1 orang komisi penanggulangan HIV/AIDS se kabupaten/kota dan 1 orang unsur TP-PKK kabupaten/kota.

Adapun tujuan dari penyelenggaraan kegiatan rapat koordinasi komisi penanggulangan HIV/AIDS ini adalah :

  1. Untuk meningkatkan pemahaman para peserta dalam penanggulangan HIV dan AIDS mulai dari pencegahan (preventif), penanganan (promotif) dan pemulihan (rehabilitatif).
  2. Untuk menyatukan kesepakatan dalam penanggulangan HIV/AIDS melalui kelembagaan Komisi Penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten/Kota masing-masing.

Narasumber pada Rapat Koordinasi Komisi Penanggulangan HIV/AIDS se Provinsi Sumatera Barat Tahun 2014 ini adalah sebagai berikut :

  1. Dirjen PMD Kemendagri
  2. Kepala BPM Prov. Sumbar
  3. Dinas Kesehatan Prov. Sumbar
  4. Kabid PA. Sosbudmas BPM
  5. KPAP HIV/AIDS Prov. Sumbar
  6. TP-PKK Prov. Sumbar

Hasil yang diharapkan pada rapat koordinasi komisi penanggulangan HIV/AIDS ini adalah :

  1. Mendorong terbentuknya penguatan kelembagaan Komisi Penanggulangan HIV/AIDS bagi Kabupaten/Kota yang belum terbentuk di KPA HIV/AIDS di Provinsi Sumatera Barat.
  2. Diperolehnya masukan tentang langkah-langkah kegiatan untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran virus HIV/AIDS di Provinsi Sumatera Barat.
  3. Penguatan dan pemantapan kelembagaan peningkatan fungsi dan kinerja komisi penanggulangan AIDS Provinsi dan Kabupaten/Kota dimasa yang akan datang.