PENYERAHAN BIBIT TANAMAN PERKEBUNAN KEPADA KELOMPOK TANI DAN KK MISKIN DI KABUPATEN AGAM

Berita Utama () 06 November 2014 14:26:27 WIB


Dalam rangka merealisasikan bantuan bibit perkebunan  tahun 2014 melalui APBD Provins iSumatera Barat pada kegiatan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Agam, diadakan acara penyerahan bibit tanaman perkebunan yang diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Kurao Jorong Pasar Durian Nagari Manggopoh Kec Lubuk Basung pada tanggal 6 November 2014 . Dari Pemerintah Kabupaten  dihadiri oleh Bupati Kab Agam Indra Catri serta dari Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat dihadiri oleh  Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat  Ir Fajarudin, Disamping penyerahan bibit Gubernur juga memberikan hadiah dan penghargaan kepada kelompok tani yang berhasil dalam mengembangkan dan memgelola tanaman kakao dengan baik dalam kegiatan Nagari Model Kakao.

          

Dalam sambutan Gubenur menyampaikan bahwa suksesnya pembangunan yang dilaksanakan pemerintah tidak terlepas dari adanya peran serta masdyarakat,  artinya program-program pembangunan yang dicanangkan pemerintah untuk kesejahteraan rakyat tidak akan berhasil bila masyarakat tidak ikut serta mensukseskannya, seperti sekarang ini pemerintah memberikan bantuan bibit. Program ini tidak ada gunanya bila masyarakat tidak memanfaatkanya dengan baik seperti dapat bibit tidak ditanam, tidak serius melaksanakanya atau tidak dirawat dengan baik dibiarkan tanpa ada perlakuan yang maksimal kepada bibit. Perlu disadari bahwa  Pemerintah Provinsi hanya dapat memberikan bantuan serta dorongan yang bekerja tentu masyarakat demi merubah tingkat taraf kehidupan yang lebih baik. Pada tahun 2014 bantuan Pemerintah Pusat dan Provinsi, melalui dinas Perkebunan Prov Sumbar yang dialokasikan untuk Kabupaten Agam antara lain :

* Rehabilitasi Tanaman Cengkeh sebanyak 6.000 bibit

* Rehabilitasi Tanaman Pala sebanyak 5.000 bibit

* Revitalisasi Lahan Pala sebanyak 4.000 batang

* Perluasan Tanaman Kopi sebanyak 5.000 bibit

* Bantuan Gunting Pangkas sejumlah 130 unit

* Pengembangan Tanaman Karet rakyat sebanyak 10.500 bibit

* Perluasan Tanaman Kakao seluas 45 Ha

* Bangtuan Alat Pengolahan Tebu untuk 4 kelompok tani

* Bantuan Bibit Kelapa Sawit siap salur sebanyak 13.125 bibit.

Harapan Gubernur  hendakya petani yang mendapatkan bantuan bibit dapat mempergunakan sebaik-baiknya sampai menghasilkan sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan mampu meningkatkan kesejahteraan kita semua. Setelah Gubernur memberikan sambutan langsung melaksanakan acara penyerahan bibit serta penghargaan kepada beberapa perusahaan yang telah berjasa dalam pembangunan Kab Agam dibidang perkebunan dan melakukan penanaman secara simbolis di kebun kelompok tani bersama Bupati Agam.