Kunjungan Kerja Tim Pembina Samsat Prov. Sumbar

Berita Utama () 12 September 2014 08:40:38 WIB


 

Dalam rangka peningkatan pelayanan Samsat, Tim Pembina Provinsi Sumatera Barat melaksanakan “benchmarking’ peningkatan pelayanan ke beberapa daerah yang sudah melaksanakan pelayanan yang dianggap baik yaitu Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Bali. Dari kedua daerah yang dikunjungi , secara umum peningkatan pelayanan dilakukan melalui inovasi Teknologi  Informasi.

Melalui  implementasi Teknologi Informasi , beberapa inovasi pengembangan pelayanan yang dapat dilakukan antara lain :

  1. Samsat drive thru
  2. Samsat anywhere
  3. Samsat corner
  4. Samsat SMS gateway
  5. ATM Samsat.

Dari sisi teknis, seluruh inovasi yang dilakukan harus terlebih dahulu memastikan bahwa database Samsat sudah divalidasi dengan baik sehingga tidak ada kemungkinan terjadinya data ganda. Oleh sebab itu validasi database adalah titik kritis dalam melakukan pengembangan pelayanan melalui implementasi Teknologi Informasi.

Dari sisi koordinasi, pengembangan pelayanan Samsat harus mendapat dukungan penuh dari ketiga unsur yang ada dalam organisasi Samsat yaitu Kepolisian, Jasa Raharja dan Pemerintah Daerah. Sudah dapat dipastikan tanpa adanya dukungan penuh dari ketiga unsur, maka pengembangan dan inovasi  tidak akan dapat terlaksana.

Dalam kunjungan kerja kali ini, ketiga unsur Samsat mengikuti kegiatan dimaksud, banyak masukan dan saran dari daerah yang dikunjungi serta dukungan dari daerah tersebut juga diberikan kepada Tim Pembina Samsat Provinsi Sumatera Barat. Semoga dengan kunjungan dan pengembangan wawasan ini peningkatan pelayanan Samsat akan dapat ditingkatkan pada masa mendatang untuk mengejar ketertinggalan yang cukup jauh dari daerah lainnya di Indonesia.