38 PSP3 IKUTI ORIENTASI

Berita Utama () 09 September 2014 08:49:16 WIB


 PADANG,...Mematangkan persiapan menjelang berangkat kejakarta untuk bergabung dengan peserta Provinsi se- Indonesia, 38 orang peserta program Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan ( PSP3 ) Provinsi Sumatera Barat angkatan XXVI Tahun 2014 yang akan ditempatkan di Provinsi Sumatera Utara, Jambi, Kepulauan Riau dan Lampung menjalani pembekalan (Orientasi ).

Orientasi tersebut secara resmi di buka Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga H. Priadi Syukur, SH didampingi Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Drs. Afrizal Muchtar, M.Pd, Senin malam 8/ 9 di Hotel Hayam Wuruk Padang.

Dalam arahannya Priadi Syukur mengatakan, peserta PSP3 yang terpilih agar menjalani program ini dengan sungguh- sungguh, jangan setengah hati menjalaninya karena sesuatu yang dijalani setengah- setengah hasilnya pasti akan setengah juga.

Untuk itu lanjutnya setelah terpilih dan menjalani orientasi hari ini agar ditanamkan dalam hati, bahwa kita secara pribadi telah siap menjalani semua rangkaian kegiatan sampai akhir, sehingga di daerah penempatan nanti tidak merasa canggung dan kehilangan arah yang ujung- ujungnya kembali kekampung.

Namun sebagai orang Minang darah perantau pasti mengalir dalam diri kalian tambah Priadi Syukur. Orang minang dimana- mana kalau merantau pantang pulang kampung sebelum berhasil di daerah rantaunya, begitu juga para pesera hendaknya juga berbuat seperti yang dilakukan pendahulunya, sehingga apa yang dicita- citakan untuk membangun diri dan masyarakat dapat terwujud.

“ tetaplah menjadi orang Minang perantau yang memiliki banyak akal untuk mencari peluang sebanyak- banyaknya meraih sukses. Intinya jadilah mentor yang mampu membangun diri serta masyarakat dan yang pastinya orang minang itu selalu sukses didaerah rantau bukan dikampungnya,’’ kata Priadi Syukur menekankan.

Ketua Pelaksana Kepala Seksi Kewirausahaan dan Kepeloporan Pemuda Adiwarman, SE menerangkan, kegiatan PSP3 ini merupakan program kerja Kementrian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora ) RI yang di laksanakan oleh Dispora Provinsi Sumatera Barat melalui Bidang Pengembangan Pemuda.

Sementara Orientasi yang dilaksanakan ini merupaka rangkaian kegiatan tersebut, dan dilaksanakan dari tanggal 8 sampai 10 September. Sedangkan narasumber berasal dari Dispora Sumbar, DPD Forum Purna PSP3 Sumbar, dan Tim Asistensi PSP3 Sumbar.

“ Kita berharap para peserta program PSP3 yang mengikuti orientasi ini dapat menjalaninya secara serius, karena apa yang disampaikan narasumber nanti merupakan ilmu yang bermanfaat untuk dipraktekkan di daerah penempatan,’’ terang Adiwarman. ( M )