Dishubkominfo Sumbar Gelar Pemilihan AKUT 2014

Berita Utama Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) 26 Agustus 2014 10:06:06 WIB


Padang – Demi mewujudkan ketertiban dan keselamatan masyarakat dalam berlalu lintas, Bidang TSK-AD Dishubkominfo Sumatera Barat kembali mengadakan Pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan Tingkat (AKUT) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2014. Acara yang diadakan selama tiga hari (25-27 Agustus 2014) ini terdiri dari 36 orang peserta yang berasal dari PO angkutan umum 18 kabupaten/kota se-Sumatera Barat minus Mentawai. Sebelumnya para peserta akan dibekali dengan materi-materi yang telah ditetapkan. Seperti outbond, pelayanan angkutan umum, ketertiban dan keselamatan dalam berlalu lintas, praktek mengemudi dan asuransi.

Materi-materi ini akan menjadi dasar penilaian dewan juri dalam memilih AKUT terbaik. Para peserta nantinya akan diseleksi berdasarkan perilaku, pengetahuan dan kemampuan/skill yang mereka miliki. Sedangkan tim dewan juri terdiri dari Dishubkominfo Sumbar, Ditlantas Polda Sumbar dan DPD Organda Sumbar.  

Dengan diadakannya pemilihan AKUT Provinsi Sumatera Barat ini sebagaimana yang disampaikan Kepala Dinas Dishubkominfo Sumbar, Amran, dalam sambutannya Senin (25/8)  mengharapkan kegiatan ini dapat menciptakan pengemudi yang professional. “Berdasarkan data statistik, 92 % dari penyebab kecelakaan adalah “human error” atau kesalahan/kelalaian manusia. Untuk itu pemilihan AKUT ini menjadi salah satu usaha untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas. Dengan cara menciptakan pengemudi yang professional dan bisa diteladani,” beliau menjelaskan. Selain itu kegiatan ini juga untuk memberikan motivasi kepada awak pengendara/pengemudi kendaraan angkutan umum.

Para peserta yang terpilih sebagai AKUT terbaik Provinsi Sumatera Barat Tahun 2014 mendapatkan hadiah berupa trophy, piagam dan tabungan. Selain itu para pemenang (peserta AKUT terbaik) nantinya akan dikirim untuk mengikuti pemilihan AKUT Nasional di Jakarta pada tanggal 3-10 September 2014 mendatang. *** (DishubkominfoSB)