KADISPORA SUMBAR BUKA PPMPOK TAHUN 2014

Berita Utama () 20 Agustus 2014 03:54:42 WIB


  PADANG,...Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Provinsi Sumatera Barat H. Priadi Syukur, SH, didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Edwarsyah Ramli, S.Sos, dan Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Pemuda Zuriyatma, SH, secara resmi buka Pelatihan Peningkatan Mutu Pengelolaan Organisasi Kepemudaan ( PPMPOK ) Selasa malam 19/ 8/2014 di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial ( BBPPKS ) Kementrian Sosial RI- Regional I Sumatera jalan Alai Kapalo Koto No 27 kecamatan Pauh Padang.

Dalam sambutannya Priadi Syukur mengatakan, peserta agar menjalani pelatihan ini secara sungguh- sungguh, karena pelatihan ini di bimbing oleh pemateri yang memiliki kualitas dan ahli dibidangnya masing- masing.

Walaupun lanjut Kadispora, peserta yang ikut pelatihan ini banyak berasal dari pengurus organisasi yang sudah berpengelaman, namun akan lebih baik lagi kalau lebih serius lagi mengikuti setiap kegiatan pelatihan sampai akhir, sehingga secara keilmuan akan meningkatkan dan menambah wawasan.

Selain itu Priadi Syukur juga mengingatkan, bahwa bangsa Indonesia baru melaksanaka prosesi detik- detik kemerdekaan, dan alangkah baiknya para pemuda ( peserta ) dapat memaknai dari awal perjuanga sampai kemerdekaan yang di Proklamasikan. Dimana setiap perobahan dari dekade-kedekade, perannan pemuda selalu kental mengiringi perobahan tersebut.

Untuk itu tambah Priadi Syukur, pemuda sekarang jangan sampai lengah, perjuangan masih tetap dilanjutkan, hanya bentuk dan pengemasannya yang berbeda. Seperti saat ini perjuangan membentuk pribadi yang beraklak, berkarakter, dan berilmu pengetahuan adalah tanggung jawab pemuda hari ini, jangan sampai pemuda hari ini ketinggalana teknologi ( telekomunikasi ), sehingga bangsa akan tetap terjaga dari penjajahan di segala bentuk.

“ kita berharap pemuda hari ini dapat melanjutkan perjuangan para seniornya, untuk selalu setia menjaga keutuhan bangsa, dengan membekali diri dengan ilmu pengetahuan , ‘’ kata Priadi Syukur mengingatkan.

Panitia pelaksana Zuriyatma menerangkan, pelatihan ini dilaksanakan dari tanggal 19 sampai 23 Agustus 2014, yang diikuti 50 orang dari masing- masing utusan organisasi kepemudaan yang direkomendasikan oleh pemerintah kabupaten dan Kota se- Sumatera Barat.

Sementara itu narasumber terdiri dari unsur, Kementrian Pemuda dan Olahraga RI, Pemda Provinsi Sumatera Barat, DPD KNPI Sumatera Barat, Akademis dan Profesional.

Sedangkan materi pelatihan terdiri dari 12 aitem yakni, Dinamika kelompok, Kebijakan pemberdayaan organisasi kepemudaan kementrian pemuda dan olahraga RI, Revitalisasi organisasi kepemudaan, sejarah perkembangan organisasi kepemudaan, komunikasi dalam organisasi kepemudaan, manajemen organisasi kepemudaan modern berbasis IT, teknik analisis SWOT, teknik penyusunan program kerja organisasi kepemudaan, KNPI sebagai wadah berhimpun, perencanaan strategis dalam organisasi kepemudaan, kecerdasan emosional dan pengembangan potensi diri serta Diskusi pemberdayaan organisasi kepemudaan.

“ Metode pelatihan diarahkan pada partisipatif yang mensyaratkan komunikasi dua arah antar narasumber dan peserta dengan teknik ceramah dan pemaparan materi,’’ terang Zuriyatma. ( M )