470 PEMUDA ( SARJANA ) IKUTI SELEKSI PSP3

Berita Utama () 07 Juli 2014 03:19:04 WIB


  PADANG,...Sebanyak 470 Pemuda ( Sarjana ) ikuti seleksi Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan ( PSP3 ) angkatan XXIV Tahun 2014, yang dilaksanakan dari tanggal 6 sampai 8 Juni di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat ( UMSB ) jalan Pasi Kandang Koto Tangah Padang.

Penanggung jawab kegiatan Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Drs.H. Afrizal Muchtar, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, selama menjalani seleksi peserta agar bersikap tenang dan tanpa berpikir yang tidak- tidak. Peserta hendaknya bersikap rilek dan fokus hanya tertuju pada tahapan seleksi yang diberikan panitia.

Selain itu tambah Afrizal Muchtar, seleksi ini jangan dianggap sekedar formalitas saja, tetapi seleksi yang dilakukan beberapa tahap ini sangat menentukan lulus tidaknya peserta yang menjalaninya.

“ Seleksi ini akan menentukan peserta yang pantas mengikuti program PSP3 nantinya, karena itu kita berharap semua peserta agar mengeluarkan kemampuan terbaiknya selama menjalani seleksi ini,’’ tutur Afrizal Muchtar.

Ketua pelaksana Kepala Seksi Kepeloporan dan Kewirausahaan Pemuda Adiwarman,SE, menerangkan, PSP3 merupakan program kegiatan Kementrian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora ) RI yang dilaksanakan oleh Dispora Sumbar. Adapun peserta yang ikut seleksi ini adalah, mereka yang telah lolos seleksi administrasi dari jumlah yang telah mendaftar lebih kurang 600 orang.

Sedangkan lanjut Adiwarman, peserta yang dinyatakan lolos tersebut berjumlah 470 orang untuk memperebutkan kuota yang telah ditentukan sebanyak 38 orang. Sementara tahapan seleksi yang akan dijalani yakni, seleksi tertulis yang bahannya langsung didatangkan oleh Kemenpora RI, setelah itu peserta akan di uji dengan dua orang tim penguji untuk melakukan wawancara.

Dikatakan juga untuk pelaksanaan seleksi dilakukan selama dua hari, dengan tim penguji dari Kemenpora RI, Dispora Sumbar, Purna PSP3 dan dinas terkait lainnya.

“ kita berharap peserta yang terpilih nanti memang pemuda ( sarjana ) yang berkompeten, serta pemuda yang mau berbuat untuk membangun bangsa dengan jalan mempratekan ilmu yang telah didapat selama kuliah,’’ urai Adiwarman.

Untuk Tahun 2014 ini penempatan peserta PSP3 yang berasal dari Sumatera Barat, hanya di pulau Sumatera Saja berbeda dengan tahun lalu, peserta PSP3 dari Sumbar di tempatkan di luar Sumatera seperti Papua Barat, Gorontalo, Banten dan Lain-lain. ( Hen)