Samsat Padang Dapat Apresiasi Dari Ombudsman RI

Berita Utama () 17 Mei 2014 04:35:45 WIB


PADANG– Pelayanan prima yang diberikan oleh Samsat Padang untuk wajib pajak kendaraan bermotor memberikan dampak positif bagi pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan tersebut.

Betapa tidak, berbagai upaya dilakukan oleh Samsat Padang, agar wajib pajak bisa dengan mudah membayar pajak kendaraan yang mereka miliki. Imbasnya pun tentu realisasi pendapatan kendaraan bermotor terus mengalami grafik kenaikan yang cukup signifikan.

“Realisasi pajak kendaraan bermotor untuk Bulan April 2014 melebihi target yang ditetapkan.Target yang dibebankan yakni Rp 51 miliar lebih, sementara angka realisiasi Rp 52 miliar lebih. Artinya presentase realisasi mencapai angka 101, 97 persen,”Jelas Kepala UPTD Samsat Padang Jaya Isman kepada Sumbarpost.com Jumat (15/5).

Jaya Isman mengatakan,kelebihan target yang dibebankan sebelumnya karena faktor kestabilan ekonomi masyarakat Kota Padang. Selain itu juga harga komoditas ekspor juga bagus,ditambah lagi kesadaran masyarakat membayar pajak juga tinggi.

Ombudsman Republik Indonesia pun memberikan apresiasi dan mengakui bahwa pelayanan yang diberikan oleh Samsat Padang melebihi standar pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Setelah diamati dengan seksama, saya melihat Samsat Padang sudah mengarah pada terciptanya pelayanan prima untuk masyarakat. Maka dari itu kinerja seperti ini dipertahankan,”ungkap Ketua Ombudsman RI Danang Girindrawardana kepada wartawan Jumat (16/5).

Dikatakan Danang, dengan memberikan pelayanan yang prima, tentu Samsat Padang bebas calo, memberikan pelayanan berkepastian hukum, dan proses pelayanannya pun menjadi lebih cepat dengan waktu 30 menit saja.

“Saya kagum dengan Gubernur Sumatera Barat Prof Irwan Prayitno yang memaksa seluruh SKPD memberikan standar pelayanan publik yang tinggi untuk masyarakat. Hendaknya ini harus dicontoh daerah lain,”pungkas Danang.samsat padang