KADISPORA BUKA KEGIATAN PENDIDIKAN BELA NEGARA ANGKATAN I

Berita Utama () 16 April 2014 03:57:08 WIB


  PADANG,…Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) sumatera Barat H. Priadi Syukur, SH didampingi panitia pelaksana Kepala Seksi Peningkatan Wawasan dan Kreatifitas Pemuda Gusty Anola, SH, secara resmi buka kegiatan pendidikan Bela Negara Senin 15/ 4 di aula Sosnakertrans Lubuk Selasih Kabupaten Solok.

Kegiatan yang mengangkat tema “ Dengan Pendidikan Bela Negara Kita Bangun Karakter Anak Bangsa, Agar Tumbuh Semangat Persatuan dan Kesatuan Untuk Menjaga Keutuhan NKRI ” serta moto “ Hari ini Berprestasi Hari Esok Jadi Pemimpin ” ini dilaksanakan bidang pemberdayaan pemuda, melalui seksi peningkatan wawasan dan kreatifitas pemuda.

Dalam sambutannya Kadispora mengatakan, Kegiatan ini merupakan sebuah pelatihan dasar bagi siswa menjadi seorang pemimpin, dan siswa yang terpilih mengikuti kegiatan ini merupakan wakil- wakil terbaik dari sekolahnya, oleh karena itu agar menjalani kegiatan ini semaksimal mungkin dari awal sampai akhir, dengan kata lain ambil kesempatan ini sebaik- baiknya, untuk menempa diri menjadi aktifis yang pandai berorganisasi.

Kadispora juga mengingatkan kegiatan ini juga sebagai jenjang bagi siswa ketingkat Perguruan Tinggi untuk menjadi aktifis yang handal. Harus diakui banyak para pemimpin lahir dari aktifis yang pernah berkecimpung diorganisasi apapun bentuknya, seperti Mendagri Gamawan Fauzi, Gubernur Irwan Prayitno , Wagub Sumatera Barat Muslim Kasim dan lain- lain. Tidak itu saja para pemimpin yang lahir dari aktifis akan berbeda kelasnya dengan yang tidak aktifis.

‘’ Kita berharap para siswa yang beruntung mengikuti kegiatan ini agar memanfaatkan sebaik- baiknya, agar keluar dari pelatihan ini akan menjadi purna, sehingga tamat dari SMA/ SMK tidak canggung mengikuti organisasi di Badan Eksekutif Mahasiswa ( BEM ) Perguruan Tinggi serta organisasi yang lebih tinggi lagi,’’ kata Priadi Syukur.

Panitia Pelaksana Gusti Anola menerangkan, tujuan kegiatan Bela Negara ini, agar pemuda dapat memahami aspek kewilayahan, mengembangkan peran serta pemuda dalam siskanta sebagai warga Negara yang baik serta terciptanya kesadaran pemuda terhadap Bela Negara, sedangkan pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam dua angkatan dengan jumlah peserta 80 orang, 40 masing- masing angkatan dari perwakilan pengurus osis SMA/SMK Kabupaten/ Kota se- Sumatera Barat. Untuk angkatan pertama dilaksanakan 14 sampai 18 April.

Lebih lanjut Gusti Anola menyatakan, untuk nara sumber berasal dari Korem 032/ Wirabraja Sumatera Barat, Dispora sumatera Barat, tokoh agama dan tokoh pemuda .

“ Untuk Kegiatan pendidikan Bela Negara bagi pengurus Osis ini dilaksanakan melalui pendekatan dengan ceramah, Tanya jawab, diskusi dan penugasan dari pelatih dan pemateri, untuk itu peserta agar menjalani kegiatan ini sebaik- baiknya,’’ terang Gusti Anola. ( M/ H )