PERINGATAN HARI IBU DENGAN TEST SWAB GRATIS

Artikel Zakiah(Tenaga Artikel) 14 Desember 2020 10:27:49 WIB


        Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember. Adapun Tema utama Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-92 Tahun 2020 adalah "Perempuan Berdaya Indonesia Maju”. Hari Ibu dirayakan sebagai bentuk penghargaan kepada perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa.

Kongres Perempuan I di tahun 1928 menandai tonggak perjuangan perempuan Indonesia, dalam ambil peran di setiap derap pembangunan di Indonesia.

Perempuan mengisi ruang-ruang kontribusi dalam merebut kemerdekaan, menyuarakan berbagai permasalahan, dan turut mencari serta menjadi solusi untuk mengantar Indonesia di titik sekarang.

Maka sangat disayangkan apabila perempuan masih harus menghadapi berbagai ketimpangan, mulai dari mengakses, berpartisipasi, ikut menentukan arah, serta menikmati manfaat pembangunan. Terlebih Pandemi Covid-19 menempatkan perempuan dalam situasi yang lebih rentan.

Hasil survei dari UN Women menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 telah memperparah kerentanan ekonomi perempuan dan ketidaksetaraan gender, serta dapat mengancam upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s).

Situasi yang serba sulit ini ternyata tidak menghentikan langkah perempuan-perempuan Indonesia untuk hadir di garda terdepan.

Perempuan turun dan menjadi penggerak sosial dengan membangun kesadaran masyarakat di berbagai daerah, dan turut serta menyediakan makanan bagi warga yang terdampak ekonomi dan alat pelindung diri untuk tenaga kesehatan.

Perempuan juga mengambil peran penting dalam memerangi Covid-19 dengan menjadi tenaga kesehatan, ilmuwan/peneliti, dan penjaga bagi keluarganya sendiri.

        Melalui Peringatan Hari Ibu ke-92 Tahun 2020 ini, diharapkan perempuan-perempuan Indonesia sadar betapa berharga dirinya. Utamanya karena tidak pernah berhenti merawat perjuangan para perempuan Indonesia di masa yang lalu, dalam gerak sekecil apapun, yang berarti melebihi apapun.

Dan momen peringatan Hari Ibu tahun ini, masih dalam situasi pandemi covid-19 sehingga perlu upaya preventif untuk memerangi Covid-19. Salah satu upaya tersebut dengan melaksanakan rapid test dan Swab secara gratis bagi semua ibu-ibu pengurus Tim Penggerak PKK mulai tingkat Provinsi sampai ke Kabupaten/Kota se Sumatera Barat. Hal ini sesuai instruksi dari Ketua Umum TP PKK Pusat, Ny.Tri Tito Karnavian, tertanggal 11 Desember 2020 bahwa menindak lanjuti instruksi Presiden No.6 Tahun 2020,tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. Maka Tim Penggerak PKK  akan menyelenggarakan Rapid Test atau Swab secara gratis bagi kaum ibu di seluruh jajaran kepengurusan se-Indonesia mulai tanggal 14 Desember sampai 21 Desember Tahun 2020.Kegiatan ini dilakukan dengan bekerjasama antara Tim Penggerak PKK dan Dinas Kesehatan di setiap daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Sehingga diharapkan semua pengurus Tim Penggerak  PKK diketahui kondisi kesehatannya, jika ada yang terkena positif Covid-19 juga selekasnya ditangani untuk diobati.

 

kaum ibu di seluruh jajaran kepengurusan se-Indonesia mulai tanggal 14 Desember sampai 21 Desember Tahun 2020.Kegiatan ini dilakukan dengan bekerjasama antara Tim Penggerak PKK dan Dinas Kesehatan di setiap daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Sehingga diharapkan semua pengurus Tim Penggerak  PKK diketahui kondisi kesehatannya, jika ada yang terkena positif Covid-19 juga selekasnya ditangani untuk diobati.