PELATIHAN KADER PKK PRO SEHAT KENDALI COVID-19

Artikel Zakiah(Tenaga Artikel) 14 Desember 2020 10:09:35 WIB


Menindaklanjuti surat Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor Und.23/D-IV/RR.03-SATGASPP/XI/2020 perihal rapat koordinasi satgas bidang perubahan perilaku dengan Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Pusat, TP-PKK bekerja sama dengan Satgas Covid-19 Nasional mengadakan pelatihan Kader Pro Sehat Kendali Covid-19 secara Nasional untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dari 34 Provinsi seluruh Indonesia, untuk Provinsi Sumatera Barat ditunjuk TP-PKK Payakumbuh dengan jajarannya sebanyak 50 orang mewakili Sumbar dalam kegiatan Pelatihan Kader Pro Sehat Kendali Covid-19. Kegiatan ini dilakukan  via Zoom yang ditonton secara bersama di Kantor PKK Kota Payakumbuh, Kamis (26/11/2020).

Pelatihan Kader Pro Sehat Kendali Covid-19 ini diikuti oleh perwakilan TP-PKK se-Indonesia dengan narasumber Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Dr. Sonny Harry B. Harmadi.

Ketua TP.PKK Kota Payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi mengatakan ini sebuah kepercayaan besar yang diberikan oleh PKK nasional kepada TP-PKK Kota Payakumbuh mewakili provinsi Sumatera Barat dalam pelatihan Kader Pro Sehat Kendali Covid -19.

“Dari sekian banyak kota yang ada di Sumatera Barat, TP-PKK Kota Payakumbuh yang ditunjuk untuk mewakili pelatihan kader pro sehat untuk itu marilah kita serius dalam menjalani kegiatan ini,” ujar Henny.

Ditambahkan Henny pelatihan kader pro sehat kendali Covid-19 bertujuan agar terjadi perubahan perilaku sehat pada masyarakat sesuai dengan standar protokol kesehatan dan upaya ini dilakukan secara nasional untuk mencegah resiko penyebaran Covid-19 pada daerah yang akan melaksanakan Pilkada maupun yang tidak melaksanakan.

“Untuk itu marilah kita bersama-sama mengikuti kegiatan ini dengan serius, alhamdulillah Kota Payakumbuh sudah zona kuning dan anak-anak sudah mulai sekolah kembali namun kita tidak boleh lengah, karena Covid-19 masih ada, lindungi diri kita dan keluarga kita serta jangan lupa patuhi protokol kesehatan agar pandemi ini cepat berlalu,” pungkas Henny.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat, Hj.Nevi Irwan Prayitno berharap agar semua peserta pelatihan dari Kota Payakumbuh ini dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, dan nantinya Kader Pro Sehat dari Kota Payakumbuh  menjadi duta sehat dan percontohan bagi Kader PKK lainnya di Provinsi Sumatera Barat.Semoga Pandemi Covid-19 segera hilang dan yang sakit segera sembuh.Aamiin.