BIMBINGAN TEKHNIS PKK DI KABUPATEN PASAMAN BARAT

Artikel Zakiah(Tenaga Artikel) 14 Desember 2020 10:04:46 WIB


Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Sumbar melakukan pembinaan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada semua pengurus TP-PKK Kabupaten Pasaman Barat yang bertempat di Aula Rumah Dinas Bupati Pasaman Barat , Simpang Ampek, Rabu (4/11).

Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar Ny.Hj.Nevi Irwan Prayitno mengatakan bahwa kunjungan ini untuk mempererat hubungan silaturahmi sesamaTP-PKK kabupaten/kota serta menciptakan rasa kebersamaan. “Sekaligus untuk melakukan sosialisasi tentang peran serta PKK dalam menghimbau masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan jika keluar rumah. Yaitu 3 M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun / hand sanitizer, serta menjaga jarak (sosial distancing) tidak berkerumun. Pembinaan dan bimtek tentang gerakan PKK tahun 2020 ini penting dilaksanakan guna memberikan motivasi dan masukan kepada TP-PKK dalam melaksanakn kegiatan 10 program pokok PKK di daerah masing-masing”, ungkapnya.

Dengan melaksanakan pertemuan ini sekaligus dapat diketahui kegiatan serta langkah-langkah inovasi apa yang sudah dilaksanakan oleh TP-PKK kabupaten/kota untuk kemajuan pelaksanaaan gerakan PKK dimasa yang akan datang.

“Serta dapat mengetahui maslah yang dihadapi serta upaya pemecahannya. Sehingga diharapakan eksitensi gerakan PKK dalam memasuki masa depannya dapat memberikan darma bakti untuk kemajuan masyarakat didaerahnya”, sambungnya.

Lebih lanjutnya, setelah memberikan pembinaan dan bimtek ini diharapkan TP-PKK kabupaten/kota agar melaksanakan pembinaan secara berjenjang ke kecamatan, dan nagari sampai kelompok dasawisma secara berkelanjutan.

Sementara itu, PLT Ketua TP-PKK Kabupaten Pasaman Barat, Ny.Elimarlina Hansastri juga menyampaikan PKK merupakan gerakan eksternal yang bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman, bertaqwa, sejahtera serta maju dan mandiri.

Dalam mencapai tujuan yang mulia dari gerakan PKK tersebut perlu adanya komitmen yang kuat dari ketua pembina bersama OPD 

terkait dalam mendukung gerakan PKK serta peranan optimal dari semua pengurus PKK secara berjenjang. Di samping kelompok dasawisma sebagai ujung tombak PKK dalam menyampaikan 10 program pokok PKK.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada ketua pembina PKK, yakni Bapak Bupati karena dukungan terhadap operasional kegiatan TP-PKK . Sehingga PKK termotivasi untuk lebih digiatkan kembali peran sertanya untuk mewujudkan masyarakat yang bahagia dan sejahtera”, ucapnya.

Semua program sudah banyak dilakukan serta telah mengikuti berbagai kegiatan, sehingga dalam peningkatan pendidikan untuk mewujudkan SDM yang berkualitas, TP-PKK bekerjasama dengan OPD terkait mengadakan kegiatan keterampilan keluarga guna peningkatan dan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui pengembangan ekonomi kreatif dan UMKM serta pengembangan kehidupan berkoperasi.

Sementara itu , PLT Bupati Pasaman Barat yang juga Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Bapak Hansastri menekankan dalam sambutannya , “Kepada semua peserta bimbingan tekhnis PKK ini 

hendaknya dapat memanfaatkan momen, sehingga pembinaan dan bimtek yang diberikan oleh Tim Penggerak PKK Provinsi bisa dilaksanakan dengan semestinya dan dapat menambah wawasan pengurus guna meningkatkan kesejahteraan keluarga Kabupaten Pasaman Barat”, tandasnya.

Dalam rombongan TP-PKK Provinsi Sumbar juga dihadiri pengurus TP-PKK Provinsi Sumbar ; Siti Zakiah,SP,Ust.Salmadius,MA, Azimah Nizar, serta dr.Indra Wenni.