Ketua DPRD Sumbar : Ada dua isu strategis di Sumbar pada 2021

Ketua DPRD Sumbar : Ada dua isu strategis di Sumbar pada 2021

Berita Utama DENY SURYANI, S.IP(Sekretariat DPRD Prov. Sumbar) 24 November 2020 07:34:00 WIB


Ketua DPRD Sumatera Barat, Supardi mengatakan pada 2021 terdapat dua isu strategis dalam pemerintahan daerah yakni penanganan Covid-19 dan berakhirnya periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang menandakan berakhirnya masa jabatan gubernur dan wakil gubernur.

"Berakhirnya masa jabatan ini, gubernur perlu menyampaikan capaian kinerja selama menjabat yang merupakan  penjabaran dari visi misi terdahulu," kata politisi Gerindra tersebut Sesuai Permendagri 64 tahun 2020 tentang pedoman penyusunan APBD 2021 maka arah kebijakan anggaran ditampung dalam KUA PPAS 2021 yang akan dialokasikan penanganan COVID-19 terutama aspek kesehatan dan dampak ekonomi.

"Pemenuhan target RPJMD sesuai skala prioritas dan ketersediaan anggaran untuk kegiatan strategis yang terkena dampak realokasi pada 2020," kata dia. Ia mengatakan fokus APBD 2021 masih pada penanganan COVID-19, pemberian bantuan langsung kepada masyarakat dan pemberdayaan UMKM.

Selain itu penyertaan modal Bank Nagari hingga saat ini masih belum ada kesepakatan. Sebelumnya DPRD bersama Pemprov Sumatera Barat menyepakati pendapatan daerah di Kebijakan Umum Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA PPAS) 2021 sebesar Rp6,4 triliun dalam rapat paripurna. Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dalam sambutannya mengatakan untuk pendapatan asli daerah diprediksi Rp2,2 triliun yang terdiri dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah dan pendapatan lain yang sah. (dprd.sumbarprov.go.id)