KADER PKK TETAP PRODUKTIF DI MASA PANDEMI

Artikel Zakiah(Tenaga Artikel) 22 Oktober 2020 10:53:33 WIB


Di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum mereda, kader PKK diharapkan tetap produktif dalam mengaplikasikan 10 program pokok PKK di lingkungan tempat tinggalnya. Walaupun semua dikerjakan dari rumah. Istilah lainnya adalah Work From Home atau WFH yang menjadi andalan, agar aktivitas dan gerak kehidupan tetap berjalan.

Bagi kader PKK,  WFH ini bisa jadi pembuktian bahwa dengan di rumah mereka bisa membangun karier dan bermanfaat tidak hanya untuk diri dan keluarganya, tetapi mungkin bagi orang lain. Kita melihat banyak roda ekonomi yang terus berjalan digerakkan oleh kaum ibu-ibu yang berjualan secara online (olshop) dari rumah, serta banyak aktivitas lainnya.

Berfikir kreatif dan inovatif membuat semangat hidup selalu tercerahkan di tengah gelombang kekhawatiran akan kasus Covid-19 yang semakin meningkat. Disa'at genting dan banyaknya masalah hidup, terkadang manusia mendapatkan ide untuk bertahan hidup. Begitu pun hendaknya kader PKK di mana pun berada.

       Bagi Pokja I PKK, yang fokus programnya adalah penguatan mental dan spiritual keluarga, dapat berinovasi dengan tetap mengadakan pengajian rutin untuk mengokohkan keimanan dan ketaqwaan kader melalui whatsapp grup, atau melalui zoom meeting (bagi daerah yang sinyal internetnya kuat).

       Bagi Pokja II PKK, yang fokus programnya pendidikan dan ketrampilan, dapat menggerakkan kelompok-kelompok UP2K PKK ( Usaha Peningkatan Pendapatan Kesejahteraan Keluarga) berkreasi membuat masker dengan motif bordiran khas Minang atau pun rajutan yang dilapis kain. Jika diproduksi massal, malahan selain berguna untuk dipakai langsung oleh kader PKK dan keluarganya, bahkan juga bisa laris manis dijual produknya di pasaran baik jual offline dan juga online.

       Bagi Pokja III PKK, yang fokus programnya pemanfaatan lahan pekarangan dengan HATINYA PKK ( halaman asri, teratur ,indah dan nyaman), dapat berinovasi membuat beraneka pot bunga dari bambu, bekas galon air, ban bekas, pipa paralon, dll. Kreativitas dalam menanam berbagai tanaman di lahan yang sempit di depan rumah, baik itu bunga, buah-buahan maupun sayuran sehingga dapat bermanfaat untuk anggota keluarga.

      Bagi Pokja IV PKK , yang memang sekarang fokusnya di masa pandemic Covid - 19 ini adalah kesehatan dan lingkungan hidup.Tentu diharapkan sumbangsih program gebrak masker PKK atau gerakan bersama memakai masker dapat disosialisasikan ke seluruh masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan dan menerapkan 3 M, yakni memakai masker, mencuci tangan memakai sabun dan menjaga jarak (phisycal / social distancing). Juga diharapkan semua kita menjaga imunitas tubuh dengan memakan makanan yang bergizi seimbang dan istirahat yang cukup.

Semoga tetap sehat.(SZ)