TULUS BERTEMAN DAN JADILAH PENDENGAR YANG BAIK

Artikel Zakiah(Tenaga Artikel) 21 September 2020 11:48:42 WIB


"If you go looking for a friend, you’re going to find they’re scarce. If you go out to be a friend, you’ll find them everywhere."Jika engkau pergi untuk mencari seorang teman, engkau akan sulit menemukannya. Jika engkau pergi untuk menjadi seorang teman, engkau akan menemukan mereka (teman) di mana-mana."

Jadilah seorang pendengar yang baik dan tuluslah dalam berteman. Percayalah, kebaikan akan selalu dibalas kebaikan. Jika tidak sekarang, mungkin nanti.

        Itulah Kata - kata Motivasi dari Zig Ziglar yang sangat terkenal mendunia merupakan kata – kata motivasi yang sering membangkitkan semangat ketika kemalasan sudah mulai menyapa . Pria yang lebih dikenal dengan sebutan Zig Ziglar ini sebenarnya memiliki nama asli yaitu Hilary Hinton Ziglar. Beliau merupakan seorang penulis sekaligus sang motivator international yang handal juga merupakan seorang pengusaha sukses yang berasal dari Amerika. Zig Ziglar pria kelahiran 6 november 1926 di Coffee County, Alabama. Barangkali ada yang sama tanggal dan bulan lahirnya ini menjadi inspirasi bagi kita untuk bisa membuat jejak kesuksesan yang lebih keren lagi dari Zig Ziglar. Tokoh veteran Perang Dunia II yang telah meninggal dunia tersebut dienal sebagai salah satu marketer paling sukses dan inspiratif di dunia. Meski kini sosok Zig telah tiada, kata-kata inspiratifnya akan selalu dikenang karena karya hebat beliau yang banyak memberikan manfaat kepada orang banyak.

        Selain Zig Ziglar, mungkin kita pernah menonton TV dan mengenal Oprah Winfrey seorang pembawa acara talk show terkenal dari Amerika. Tapi pernahkah kita mengetahui rahasia suksesnya? Rahasianya hanya mendengarkan orang. Ia suka membaca cerita fiksi dan biografi. Juga mempelajari bagaimana perasaan serta pikiran orang lain, dan dalam prosesnya ia juga belajar tentang dirinya sendiri. Kecendrungan untuk mendengarkan telah sangat membantunya dalam setiap aspek karirnya. Oprah terus mengamati serta mendengarkan untuk menemukan berbagai persoalan manusia yang kemudian menjadi bahan pembahasan berikutnya di TV. Ketika mengundang para selebriti ke pertunjukan talk shownya, Oprah dengan tulus mendengarkan apa yang mereka ucapkan. Ia kini menjadi penghibur dengan bayaran tertinggi di dunia.

       Di tanah air kita , juga dikenal Ruben Onsu dengan tayangan Brownis (Obrowlan Manis) merupakan acara gelar wicara yang tayang di Trans TV . Kemudian Deddy Corbuzier dengan kanal youtube podcast- nya . Dilansir dari Socialblade, estimasi pendapatan Deddy Corbuzier per bulan mencapai $31.2K sampai $498.6K. Atau kalau dirupiahkan di kisaran Rp427 juta sampai Rp6,8 miliar per bulan. Wah...dahsyat juga hal ini didapatkannya dengan tulus mendengarkan orang lain.

       Harus kita akui bahwa manusia cenderung lebih senang untuk didengar daripada mendengarkan. Padahal kita memiliki dua telinga dan satu mulut agar dapat mendengar dua kali lebih banyak dari pada berbicara. Bahkan hal pertama untuk mendapatkan kebijaksanaan adalah diam dan hal kedua adalah mendengarkan. Orang yang banyak mendengar akan disenangi, tetapi orang yang banyak berbicara akan dijauhi. Karena semakin banyak kita berbicara, akan semakin banyak pula pelanggaran yang kita buat. Dengan mendengarkan setiap perkataan atasan, rekan kerja, sahabat, dan keluarga, kita akan lebih mengerti apa sebenarnya yang mereka inginkan. Sehingga hubungan manis pun akan selalu terjalin dan kebahagian menanti kita. Wallahu a'lam.(SZ).