HILANGKAN MINDER ALA NAJWA SHIHAB

Artikel Zakiah(Tenaga Artikel) 24 Agustus 2020 09:36:13 WIB


Dalam keseharian kita , mungkin saja akan bertemu dengan seseorang yang sangat disegani, atau dapat tugas kantor untuk tampil mempresentasikan rancangan proyek/program yang mau diajukan. Namun kita punya sifat pemalu, banyak minder dan tidak percaya diri untuk menghadapinya. Bahkan ada orang yang sampai mendemam ( panas dingin badannya) waktu mendapat tugas harus tampil publik.

       Disamping karakter introvert, mungkin sebagian orang mengalami hal demikian karena kurang persiapan bahan sehingga wajar tidak punya keberanian untuk tampil. Tetapi kita mungkin tidak punya pilihan lain untuk mengelak dari tugas ini sehingga harus berpikir tentang upaya agar rasa minder hilang dan keberanian datang. Salah satunya bisa dicoba kiat ala Najwa Shihab.

      Siapa ya, yang tidak tahu dengan Najwa Shihab? wanita cantik yang turunan Arab itu. Najwa Shihab, S.H. yang akrab dipanggil Nana adalah mantan pembawa acara berita di stasiun televisi Metro TV. Ia pernah menjadi anchor dalam program berita prime time Metro Hari Ini, Suara Anda dan program bincang-bincang Mata Najwa. Najwa adalah putri kedua Bapak Quraish Shihab, Menteri Agama era Kabinet Pembangunan VII.Beliau cantik, pintar, bahkan jika bicara dengan Mbak Nana (Nama panggilannya) biasanya langsung skakmat! 

Terkadang kita terpukau saat menonton Mbak Najwa tampil di stasiun televisi atau acara lainnya. Wawancaranya bahkan balasan-balasan ... terhadap siapa saja, mampu membuat orang berdiri sembari tepuk tangan.

Tapi,  tahukah anda, dibalik penampilannya itu ternyata beliau mempunyai 'rahasia' setiap kali akan tampil hingga dia bisa berbicara dengan baik, lugas, tegas, cerdas itu.

Apa itu rahasianya?

Dia pernah diwawancarai media, ditanya bagaimana bisa berbicara dengan baik di hadapan muka umum. Lalu, Mbak Najwa, membalas, "Setiap saya akan tampil atau berbicara di depan umum, sebelumnya saya akan baca surah Al-Insyirah (dalam Al Qur'an) terlebih dahulu," kata beliau sembari tersenyum. Bahkan, saat sekolah pun ia sering mengamalkan ayat itu. Menurutnya, "Ibu saya pasti selalu suruh untuk membaca ayat itu sebelum akan tampil di muka umum," ujarnya lagi.

Sepertinya hal ini bisa dicoba untuk semua yang beragama Islam dan punya sifat minder atau yang tidak percaya diri/malu untuk tampil. Bahkan, susah bersosialisasi dengan orang lain.

Namun, ada kiat lagi. Buat siapa saja yang mau tampil di publik.  Mungkin bisa amalkan ini :

1. Baca Bismillahirrahmanirrahiim.

2. Baca Surah Al-Insyirah.

3. Baca Do'a Nabi Musa. Rabbishrahli sodri wayassirli amrii wahlul 'uqdatammillisaanii yafqohuu qouli...

Artinya: Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku. (Doa Nabi Musa AS, Q.S At Thaha : 25-28).

4. Baca Shalawat Nabi SAW, sebanyak 3 kali.

    Mungkin itu salah satu kiat yang bisa diamalkan. In sya Allah, akan ada keajaiban tersendiri. Disamping itu kita juga harus berusaha, agar selalu memberanikan diri untuk berbaur dimuka umum. Tidak ada salahnya untuk dicoba ya.Wallahu a'lam. (SZ)