Memanfaatkan Danau Cimpago untuk Budidaya Ikan Puyu

Artikel Yal Aziz(Tenaga Artikel) 29 Juli 2020 08:17:37 WIB


Oleh Yal Aziz
KEBERADAAN Danau Cimpago yang berlokasi di Kecamatan Padang Barat, tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai objek wisata air, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk budi daya ikan, sepeti ikan lele dan ikan puyu, karena secara fakta,  Danau Cimpago berukuran lebih kurang dua hektare ini.

Secara fakta awalnya, keberadaan Danau Cimpago ini memang  untuk mengendalikan banjir di Kota Padang, yang rawan banjir jika debit air hujan sangat tinggi yang mengalir di Sungai Bandakali. Bahkan pemko Padang sengaja membuat echo drain atau drainase di kawasan Purus dengan tujuan pembenahan kawasan kumuh di perkotaan.

Echo drain ini terbentuk dari hulu danau sampai muara untuk mengalirkan air hujan melalui saluran drainase agar mencegah genangan air, banjir, hingga pencemaran air. Tapi kemudian, Echo drain ini berubah fungsi sebagai salah satu objek wisata masyarakat sekitar yang ingin menikmati ketenangan air danau selain pantai.

Namun sangat disayangkan, keberadaan Danau CImpago tidak dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Padang sebagai salah satu objek wsiata air. Kenapa? Karena air di Danau Cimpago, selain dicemari berbagai sampah, juga berbau busuk, karena airnya berwarna hitam.

Yang ironisnya lagi, meskipun telah beberapa kali ditaburkan ikan dengan berbagai jenis, namun keberadaan air Danau Cimpago masih berbau, sehingga tak bisa dinikmati masyarakat yang senang dan hobi bermain olahraga dayung dan sejenis lainnya, seperti sepeda air berbentuk bebek.

Kemudian, disekitar Danau Cimpago juga telah ada sejumlah kedai atau warung makanan dan cafe kecil yang menyediakan tempat duduk di sisi danau. Tujuannya, agar pengunjung bisa menikmati kawasan danau dengan duduk- duduk santai sambil menikmati kuliner khas Kota Padang.

Melihat potensi yang ada tentang Danau Cimpago, mau tak mau Pemerintah Kota Padang haruslah serius membersihkan Danau CImpago dari berbagai macam sampah dan air berbau busuk tersebut.

Caranya, bisa saja Pemerintah Kota Padang melibatkan para ahli untuk mengatasi persoalan air berbau busuk tersebut. Tujuannya, agar keindahan Danau Cimpago bisa dinikmati bagi masyarakat yang senang dan hobi bermain olahraga dayung dan olahraga air lainnya. Bila perlu diadakan lomba renang dan lomba memancing bagi masyarakat disekitarnya.

Selain melibatkan para ahli lingkungan, pemerintah Kota Padang juga  harus menyiapkan anggaran untuk membenahi Danau Cimpago. Tujuannya, untuk menjadikan Danau Cimpago salah satu objek wisata air. Semoga? (penulis wartawan tablidbijak.com).