KECAMATAN LUBUK KILANG JUARA UMUM SILAT PORKOTA

Berita Utama () 08 Desember 2013 14:15:48 WIB


  PADANG,…Kontingen silat kecamatan Lubuk Kilang ( Luki ) gondol juara umum Pekan Olahraga Kota ( Porkota ) ke II untuk cabang Silat, kepastian ini setelah pada hari terakhir pertandingan sabtu 7/ 8 di Gedung Olahraga Bung Hatta Air Pacah Padang , kecamatan lain tidak dapat menyusul perolehan medali Kecamatan Luki yang jauh meninggalkan pesaingnya dengan jumlah 15 medali 11 Emas, 3 Perak dan 1 Perunggu.

Kejuaraan Silat Porkota yang ditutup Wakil Ketua Ikatan Pencak Silat ( IPSI ) Kota Padang H. Syahrial, B.Sc yang didampingi Sekretaris umum Zulhendri, S, Sos ini juga mengantarkan dua Kecamatan memiliki jumlah medali yang sama yakni, untuk peringkat dua diraih Kecamatan Padang Utara dengan perolehan 2 Emas, 2 Perak dan 2 Perunggu, di tempat tiga diperoleh Kecamatan Kuranji dengan 2 Emas, 2 Perak dan 2 Perunggu.

Sedangkan urutan 4 dan 5 masing- masing diduduki Koto Tangah 1 Emas, 3 Perak, 3 Perunggu, Kecamatan Pauh dengan 1 Emas, 3 Perak dan 1 medali Perunggu. Selanjutnya Padang Selatan 1 Emas, 1 Perak, 10 Perunggu, Padang Barat, 1 Emas, 1 Perak, 1 Perunggu, Padang Timur, 1 Emas dan 3 Perunggu, Lubuk Begalung, 2 Perak, 4 Perunggu, Nanggalo, 2 Perak, 7 Perunggu dan urutan buncit, Kecamatan Bungus 1 Perakn dan 2 Perunggu.

Dalam Sambutannya syahrial menyampaikan, Kecamatan yang berhasil meraih juara agar tetap focus melakukan pembinaan atletnya agar pada iven kedepannya mampu mempertahankan prestasinya, dan bagi kontingen yang belum meraih peringkat, agar lebih giat lagi dalam menjalani latihan untuk mencapai level yang lebih tinggi lagi pada iven yang sama.

“ Kita berharap setiap sasaran silat yang ada dikecamatan- kecamatan se- Kota Padang agar lebih keras dan serius lagi untuk melakukan pembinaan atletnya ,’’ kata Syahrial.

Disisi lain Ketua Umum IPSI Kota Padang Adib Alfikri, SE, M,Si mengatakan, Porkota merupakan salah satu ajang seleksi bagi atlet kota Padang, dan bagi cabang silat ini merupakan kesempatan untuk memantau pesilat yang berbakat, atlet yang mempunyai kemampuan lebih, tetapi belum terasah, untuk itu IPSI Padang akan menjadikan hasil Porkota ini sebagai bentuk pembinaan yang berkesinambungan dari seleksi- seleksi kejuaraan lainnya.

‘’ Pesilat yang meraih prestasi pada Porkota ini, akan dipersiapkan untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi ( Porprov ) XIII Tahun 2014 di Kabupaten Dharmasraya nanti, namun menjelang iven itu ditabuh degradasi dan promosi akan tetap dilakukan, untuk itu para atlet agar tetap giat menjalani latihan ,’’ tutur Adib Alfikri mengingatkan.( MUL/ HEN )