KIPP Sumbar Ajak Elemen Masyarakat Pantau Pemilu Serentak 2019

KIPP Sumbar Ajak Elemen Masyarakat Pantau Pemilu Serentak 2019

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 21 Maret 2019 11:27:45 WIB


Padang, Info Publik - Kepala Divisi Pendidikan dan Pemantauan Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Sumatera Barat (Sumbar), Febricki Syaputra mengatakan KIPP berperan besar dalam pemilu serentak 2019.

Namun, hal tersebut tidak terlepas dari peran publik agar dapat membantu kegiatan pemantauan Pemilu.

Kegiatan pemantauan diartikan sebagai aktivitas mengumpulkan informasi pemilu dan pemberian penilaian terkait pelaksanaan proses pemilu.

"Meskipun penyelenggara pemilu berperan sebagai aktor utama dalam penyelenggaraan pemilu, mengesampingkan elemen masyarakat sipil dalam agenda demokrasi bukan hal bijak," ujar Febricki Syaputra dalam Focus Group Discussion (FGD), yang diselenggarakan KPID Sumbar di Padang, Rabu (20/3).

Menurutnya, konsep demokrasi menghendaki partisipasi publik, terutama dalam melakukan pengawalan terhadap penyelenggaraan pemilu.

"Dunia sudah bergerak ke arah digital. Dunia digital saat ini ibarat lahan subur secara ekonomis maupun politis. Oleh karena itu, kita tidak boleh bersikap permisif, karena bisa jadi konten yang ditayangkan merupakan pelanggaran pemilu," tegasnya.

Febricki Syaputra mengajak semua elemen masyarakat membangun gerakan untuk mewujudkan kedaulatan rakyat sesuai amanat undang-undang.

"Mari bersama kita awasi. Kita perkuat lembaga, karena demokrasi butuh partisipasi dan pengorbanan kita bersama," tambahnya.

Suksesnya pemilu 2019, kata dia, dinilai dari peran aktif semua elemen, jangan dibebankan hanya kepada masyarakat saja.

"KIPP siap mengawal Pemilu dengan cara mengajak seluruh elemen masyarakat. Mari kita berkomitmen bangun gerakan pemilih cerdas," tuturnya. (EK/TS/KPID Sumbar/Eyv)