Temui Menteri Perhubungan, Gubernur Sumbar Bahas Percepatan Operasi Teluk Kapang

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 15 Februari 2019 09:27:02 WIB


Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayinto didampingi Kepala Dinas Perhubungan, Heri Nofiardi bertemu Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, di kantornya, Jumat (8/2/2019). Pertemuan ini guna berkoordinasi terkait percepatan pengoperasian Pelabuhan Teluk Kapang Pasaman Barat.

"Kami meminta percepatan pengoperasian Pelabuhan Teluk Kapang Pasaman Barat agar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan adanya kemudahan akses transportasi," ujar Gubernur.

Pertemuan juga membahas beberapa persoalan diantaranya tingginya harga tiket pesawat terbang yang dikhawatirkan akan berdampak pada kunjungan wisatawan menuju Sumbar.

Pemprov Sumbarpun berharap pemerintah pusat dapat meredam dan mencari solusi terhadap gejolak mahalnya harga tiket ke Ranah Minang.

Menteri Budi Karya mengapresiasi kunjungan Pemprov Sumbar kali ini dan berjanji menampung semua usulan dan masukan yang diberikan.

"Semua usulan yang disampaikan kita tampung dan akan kita bahas segera dengan pihak terkait. Untuk tiket, kita akan kembali lakukan koordinasi dengan Indonesia National Air Carriers Association (INACA)," jelas Budi Karya.

Kenaikan harga tiket pesawat dan bagasi memang sangat berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan ke Sumbar. Kuliner khas Sumbar seperti kerupuk sanjai, rendang dan lain-lain yang biasanya menjadi primadona buah tangan dari Minangkabau mulai kehilangan peminat.

Tingginya harga bagasi pesawat membuat wisatawan berpikir untuk membawa buah tangan tersebut ke kota asalnya. Pengusaha kuliner setempat mengharapkan persoalan ini segera dipecahkan agar tidak mematikan usaha mereka.