Bersalawat

Artikel () 01 Februari 2019 00:09:08 WIB


Sepertinya sudah lazim muncul di media sosial bahwa setiap Jumat ada semacam desain grafis yang mengajak umat Islam untuk membaca Alquran terutama surat Al Kahfi. Di samping itu juga ada ajakan atau informasi tentang disunnahkannya bersalawat untuk Nabi Muhammad Saw.  

Bersalawat sesungguhnya sebuah amalan mulia. Karena Allah akan memberikan balasan kepada mereka yang bersalawat. Ustaz Yusuf Mansur (UYM) adalah termasuk ustaz yang gencar mengajak umat Islam untuk bersalawat. 

Menurut UYM, dengan bersalawat kita bisa meminta apa yang kita inginkan kepada Allah. Dan berbagai terstimoni semakin banyak bermunculan akan manfaat bersalawat. 

Bagi sebagian orang mungkin saja dianggap sebagai sebuah hal yang kurang pada tempatnya jika bersalawat dipakai untuk meminta-minta hal yang berupa materi.  

Di akun media sosialnya, UYM serimng dituduh sebagai ustaz yang materialistis dan cinta dunia. Bagi mereka yang jarang bersalawat, memang akan menjadi negatif pandangannya kepada ajakan untuk bersalawat.

Tapi kita bisa bandingkan juga dengan orang yang dengan kemahiran lisannya menipu orang lain sehingga bisa mendapatkan sejumlah uang. Modalnya hanya mulut. Maka jika kita bersalawat menggunakan mulut kita untuk meminta harta, materi, kesuksesan bisnis, adalah jauh lebih mulia dibanding menggunakan lisan untuk menipu orang. 

Maka, apa yang diserukan UYM agar umat Islam memperbanyak salawat untuk mendapatkan apa yang diinginkan merupakan sebuah hal yang masuk akal. jika belum terbiasa, maka bisa dicoba setiap Jumat.  Dan jika sudah terbiasa setiap Jumat, bisa ditambah di hari lain. InsyaAllah sangat bermanfaat dan menambah kedekatan hati dan diri kepada Allah sekaligus makin mencintai Rasulullah Saw. (efs)