Semua Pihak Mesti Berupaya Mempertahankan Ketersediaan Bahan Pangan 2019

Berita Utama Desi Marlinda(Diskominfo) 08 Januari 2019 11:44:23 WIB


PESISIR SELATAN, 8 Januari 2019

Semua pihak mesti berupaya mempertahankan ketersediaan bahan pangan 2019, dengan tidak mengkonsumsi satu jenis bahan makanan saja. "Jika masyarakat terbiasa mengkonsumsi satu jenis makanan saja akan mengakibatkan masyarakat rawan pangan," kata Bupati Hendrajoni, Selasa (8/1).

Sehubungan dengan hal itu, maka perangkat daerah terkait seperti Dinas Pangan dan Dinas Tanaman Pangan, Hotikultura dan Perkebunan diminta mengoptimalkan kegiatan sosialisasi ke masyarakat tentang pemanfaatan bahan pangan non beras. "Pasalnya, bahan pangan non beras itu bertujuan untuk menjaga ketahanan pangan di daerah," katanya.

Bupati juga mengajak agar masyarakat mau mengkonsumsi makanan selain nasi, misalnya jagung, ubi ubian, berbagai jenis buah-buahan dan biji bijian yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan serta dibudidayakan.

Pesisir Selatan ungkapnya, memiliki sumber bahan makan tersebut dan sangat potensial untuk menjamin ketahanan pangan. Hal itu berkaitan erat dengan tingkat produksi berbagai jenis tanaman pangan.

Sedangkan untuk menjaga ketahanan pangan, maka harus ada upaya peningkatan produksi bahan makanan selain beras yang setara atau sebanding dengan capaian produksi padi.

Ia menambahkan, yang terpenting dari gerakan menjaga ketahanan pangan adalah kesiapan serta kemauan masyarakat untuk mau beralih atau setidaknya memperbanyak ragam bahan makanan, ucapnya.

"Kini yang terpenting dari gerakan menjaga ketahanan pengan adalah kesiapan serta kemauan masyarakat untuk mau beralih atau setidaknya memperbanyak ragam bahan makanan. Hal ini menjadi skala prioritas yang mesti dilakukan secara berkelanjutan," ulasnya. (webpessel)