Perkuat Persaudaraan, Pemprov Sumbar Silaturahmi Dengan Perantau Banten

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 09 Desember 2018 14:50:04 WIB


Tangerang, 4 Desember 2018

Di sela-sela pelaksanaan SAIK 2018, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bersama rombongan, Selasa (4/12/2018) sore bertemu dengan perantau Minang se-Banten di RM Setia Budi Tangerang.

Rombongan Pemprov Sumbar yang dipimpin Ketua GOW Wartawati Nasrul Abit menyampaikan, ajang ini sebagai silaturahmi pemerintah daerah dengan perantau yang ada di luar.

"Dengan adanya ajang ini, diharapkan terjalin silaturahmi antara Pemprov dengan perantau yang ada di perantauan," ujar Wartawati saat sambutannya.

Lebih lanjut dia meminta agar selalu terjalin komunikasi di kemudian harinya. Tidak hanya saat ini saja, serta tidak lupa untuk membangun daerah tercinta.

"Kita ingin komunikasi yang terjalin ini, tidak hanya sampai disini saja. Kedepannya semoga ada sinergitas atau kerjasama kegiatan yang berguna bagi Sumbar. Saya selalu mendoakan agar perantau sukses dan sehat selalu, serta tidak lupa kampung halaman, serta jangan lupa berinvestasi di kampung," kata Wartawati.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Sumbar Ir. Yeflin Luandri, M.Si mengatakan, salah satu komitmen Diskominfo adalah menyampaikan informasi kepada perantau, semisal media tradisional yang saat ini sedang diperlombakan dalam kegiatan SAIK 2018.

Jika perantau akan mengadakan kegiatan atau resepsi, silakan buka sumbarprov.go.id. Di website resmi Pemprov ini akan tersedia fitur media tradisional yang ada di Sumbar.

"Jadi perantau bisa langsung menghubungi dan menggunakan kesenian daerah yang berada di Sumbar, seperti randai, rabab dan lainnya sehingga budaya yang tampil lebih orisinil," ucap Yeflin.

Yeflin juga meminta kepada tokoh Minang di Banten untuk selalu mengirimkan informasi, baik itu kegiatan atau silaturahmi ke Diskominfo Sumbar, nantinya juga dipublish di portal Pemprov Sumbar.

"Kita harap, segala kegiatan yang ada disini juga dapat diinformasikan kepada Diskominfo Sumbar. Nanti kita publish dan viralkan sehingga masyarakat di kampung juga mengetahui kabar dari saudara di rantau," harapnya.

H. Zairul Malin Mandaro, salah seorang pendiri Ikatan Keluarga Minang (IKM) pusat pertama sekali mengucapkan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada rombongan Pemprov Sumbar di bawah pimpinan Ketua GOW Sumbar, Wartawati Nasrul Abit.

Dia meminta kepada pemerintah daerah agar serius dalam mem follow up setiap kegiatan yang diprogramkan.

Kita selalu menghadiri setiap kegiatan yang dilaksanakan Pemrov Sumbar, baik itu di Jakarta ataupun di Banten ini. Hanya, belum ada tindak lanjut kongkrit terhadap kegiatan tersebut.

"Jadi, sebaiknya program-program yang digendakan tersebut langsung dieksekusi, terutama jika programnya berkaitan dengan budaya dan adat Minang," harap Zairul.