Tangkal Hoax, Ditjen Polpum Kembangkan Sistem Informasi Politik Dalam Negeri

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 30 Maret 2018 10:55:37 WIB


Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Polpum), telah mengembangkan aplikasi bernama Sistem Informasi Politik Dalam Negeri (Sipoldagri). Aplikasi ini berisi data yang menyangkut situasi politik dalam negeri.  Untuk mensosialisasikan Sipoldagri, Ditjen Polpum gencar melakukan bimbingan teknis atau Bimtek ke daerah.

Keberadaan Sipoldagri ini diharapkan efektif menangkal informasi hoaks yang beredar di masyarakat, khususnya informasi terkait situasi politik dalam negeri. Sipoldagri yang dikembangkan Ditjen Polpum ini diharapkan bisa menjadi aplikasi yang bermanfaat bagi publik. Khususnya bagi jajaran Kesbangpol di daerah. Data yang masuk dalam Sipoldagri, diinput oleh jajaran Kesbangpol di daerah. Budi pun berharap, input data dan informasi yang dilakukan Kesbangpol daerah bisa cepat. Tapi tentu harus akurat. Dan input data harus kontinyu.

Aplikasi Sipoldagri mempunyai banyak manfaat. Salah satunya, aplikasi ini diharapkan bisa menjadi penangkal atau instrumen untuk mengontrol berita-berita hoax. Sehingga ada counter. Dan, dengan begitu masyarakat pun bisa mendapat informasi yang sahih. Bukan kemudian gampang dipengaruhi berita bohong yang memecah belah.

Manfaat lainnya, data dan informasi yang di input dalam Sipoldagri, akan mempermudah langkah koordinasi di daerah, terutama ketika ada masalah yang memerlukan kebijakan cepat. Karena Sipoldagri sendiri memuat informasi terkini dari dinamika politik yang terjadi di dalam negeri.

Tak hanya itu, aplikasi Sipoldagri dirancang  untuk memudahkan orang, ketika memerlukan informasi tentang perkembangan serta dinamika dari situasi politik dalam negeri terkini.  Aplikasi Sipoldagri tentu akan terus  disempurnakan. Sehingga nanti, Sipoldagri bisa menjadi sumber referensi bagi masyarakat yang ingin tahu perkembangan dan dinamika  politik serta partai di Tanah Air.