Ketua Pengadilan Tinggi Sumbar Ambil Sumpah Advokat APSI

Ketua Pengadilan Tinggi Sumbar Ambil Sumpah Advokat APSI

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 28 Februari 2018 16:02:27 WIB


Padang, 28 Februari 2018

Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Barat melakukan Sumpah kepada 11 advokat baru APSI di Aula Pengadilan Tinggi Sumatera Barat, Senin, 26 Februari 2018. Sebelum diangkat sumpahnya, sebelas advokat baru tersebut dilakukan pengangkatan oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (DPP APSI). 

Usai pengambilan sumpah pada sidang luar biasa tersebut, Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Barat Husni Rizal, SH berpendapat bahwa 11 orang yang diangkat sumpah hari ini telah memilih jalannya untuk menjadi advokat dan telah berusaha keras sehingga akhirnya saudara disumpah hari ini.

Husni mengatakan advokat adalah penegak hukum, sebagai mitra dari polisi, jaksa dan hakim bukan saling berhadap-hadapan.

"Advokat tidak hanya menyelesaikan perkara di pengadilan saja tetapi bisa diluar pengadilan. Apalagi sekarang banyak bank syariah dan yang syariah-syariah lainnya sehingga banyak sengketa syariah," ujar mantan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu tersebut. 

Husni menambahkan, jadi advokat dari APSI tidak mengurus perceraian saja, banyak kasus hukum lain diluar itu, oleh karena itu pria asal Kota Pagar Alam Sumatera Selatan itu berpesan agar advokat banyak-banyak membaca apalagi sekarang masih baru mau memulai profesinya.

Ketua Pengadilan Tinggi itu berpesan banyak klien akan mencari advokat yang mumpuni, profesional, yang punya ilmu tinggi, integritas yang tinggi dan moral yang baik. Dia juga menyesalkan banyak juga hakim dan para advokat yang bermain-main dalam mengurus perkara, jadi sekarang banyak juga advokat yang ditangkap penegak hukum.

Sumber : forumsatunews.com