Pemberdayaan Kepada Masyarakat Harus Selalu Dilakukan

Berita Utama Desi Marlinda(Diskominfo) 14 Februari 2018 09:59:26 WIB


Painan, 14 Februari 2018, Pemberdayaan masyarakat destinasi pariwisata memainkan peran penting guna mewujudkan masyarakat destinasi pariwisata yang Sadar Wisata. Dengan Sadar Wisata maka akan tercipta kondisi kondusif bagi wisatawan untuk wisata.

Kepala Dinas Pariwisata,Ekonomi Kreatif , Pemuda dan Olahraga Mawardi Roska mengungkapkan pemberdayaan kepada masyarakat pelaku wisata telah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Pessel secara berkesinambungan. Hal ini dialkukan agar masyarakat pelaku wisata memiliki kesiapan dalam perkembangan pariwisata. 

"Selama ini para pelaku wisata telah menikmati dan menjalani perkembangan pariwisata ,namun mereka belum mengetahui secara pasti kalau beberapa tindakan yang mereka lakukan tersebut telah membuat beberapa kawasan wisata rusak. Diantaranya pelaku wisata membawa pengunjung kekawasan konservasi  sehingga terumbu karang yang ada menjadi rusak," ujarnya. 

Ditambahkannya maka pemberdayaan yang dilakukan kepada pelaku wisata hendaknya mampu membuat pelaku wisata itu juga memiliki pemahaman yang lengkap dalam pariwisata.Sebab seiring perkembangan pariwisata jika merusak kawasan wisata lainnya maka manfaat yang akan dirasakan oleh pariwisata itu hanya sebentar saja .

Mawardi berharap kedepannya para pelaku dan masyarakat harus bisa lebih memahami sehingga upaya penyelamatan lingkungan dan perkembangan pariwisata harus seiring sehingga hasilnya menjadi maksimal.Hasil yang ingin dicapai terwujudnya peningkatan pelayanan kepariwisataan, meningkatkan mutu dan kualitas SDM dalam bidang pelayanan serta meningkatkan kompetens pengelolaan wisata atau pokok. 

Lebih lanjut dalam Pengembangan pariwisata adalah meningkatkan kunjungan wisatawan, tugas pemerintah hanyalah melengkapi sarana dan prasarana selanjutnya masyarakat yang harus berperan serta sehingga mendapatkan manfaat dari pengembangan pariwisata tersebut (07)

sumber:webpessel