Penggunaan Surat Elektronik di Sumbar Masih Setengah Hati

Penggunaan Surat Elektronik di Sumbar Masih Setengah Hati

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 30 Januari 2018 10:09:24 WIB


Padang, 30 Januari 2018

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Sumatera Barat, Ir. Yeflin Luandri, M.Si menyebutkan pentingnya server pusat data dokomen elektronik Simaya guna menjaga keaslian dokumen pemerintah.

"Dokumen yang tersimpan dalam Sistem Administrasi Perkantoran Maya (Simaya) bisa dipertanggungjawabkan jika terjadi sengketa hukum dikemudian hari," ujar Yeflin Luandri, setelah peresmian kantor Dinas Kominfo Sumbar oleh Gubernur Irwan Prayitno, Senin, (29/01/2018)

Selain itu, ia menyebutkan bahwa Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BKPMPPT) saat ini telah menggunakan sertifikat elektronik dan tanda tangan digital.

"Pelayanan perizinan dengan aplikasi tersebut bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tidak mesti dilakukan di kantor, dan di server tersebut tersimpan secara otomatis surat masuk dan surat keluar, dan ini sesuai dengan fungsi Kominfo untuk mengamankan informasi," ungkapnya

Ia juga mengungkapkan bahwa penggunanaan aplikasi Simaya di Sumbar belum maksimal terutama terkait sumber daya manusia (SDM).

Ke depan aplikasi tersebut akan  dimaksimalkan agar seluruh OPD di Sumbar bisa menggunakannya.

"Soal SDM memang masih kurang kedepannya ini yang akan menjadi perioritas Dinas Kominfo Sumbar," pungkas Yeflin Luandri.

Sumber : covesia.com