Talkshow Refleksi Akhir Tahun Diskominfo Sumbar

Talkshow Refleksi Akhir Tahun Diskominfo Sumbar

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 28 Desember 2017 22:02:05 WIB


Padang, 28 Desember 2017

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Barat, Ir. Yeflin Luandri, M.Si talkshow kinerja sepanjang akhir tahun 2017 di Sushi 99.1 FM, Lantai II Gedung Harian Singgalang Jalan Veteran Nomor 17 Padang.

Dipandu Andiko Weni dan Sigit, Yeflin Luandri menjelaskan prestasi yang telah diraih Diskominfo Sumbar sepanjang tahun ini. Mulai, 10 besar PPID, Metra Nasional, Blank Spot, aplikasi memudahkan pelanggan publik dan tata kelola pemerintahan, MoU dengan Lemsaneg dan Seamoleg, bidang publikasi dan dokumentasi hari pers nasional 2018. Kemudian pelajar digital, smart city, hingga pembuatan website HPN, www.hpn.2018.id . 

Disamping itu ada, beraneka ragam perlombaan. Mulai dari lomba masak menu ikan melalui pembuatan video/youtube pelajar SMK, pembuatan media informasi agro-eco tourism, modul pembelajaran online, penulisan artikel tentang pers perjuangan bela negara, dan pengisian konten berita www.sumbarprov.go.id.  

Lebih lanjut dijelaskannya, tentang visi dan misi. "Visinya, mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong. Sehingga terciptanya keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamanan sumberdaya maritim, dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan," jelasnya. 

Kemudian, pembangunan bidang komunikasi dan informatika ke depan diprioritaskan pada upaya mendukung pencapaian kedaulatan pangan, kecukupan energi, pengelolaan sumber daya maritim dan kelautan, pembangunan infrastruktur, percepatan pembangunan daerah perbatasan, dan peningkatan sektor pariwisata dan industri, berlandaskan keunggulan sumber daya manusia dan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Tersedianya akses broadband nasional, internet dan penyiaran digital yang merata dan terjangkau untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pendidikan, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

Terselenggaranya tata kelola komunikasi dan informatika yang efisien, berdaya saing, dan aman. Terciptanya budaya pelayanan, revolusi mental, reformasi birokrasi dan tata kelola Kementerian Komunikasi dan Informatika yang berintegritas, bersih, efektif, dan efisien.

Adapun tugasnya, menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Dan fungsinya, perumusan dan penetapan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya dan perangkat pos dan informatika, penyelenggaraan pos dan informatika, penatakelolaan aplikasi informatika, pengelolaan informasi dan komunikasi publik. Pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya dan perangkat pos dan informatika, penyelenggaraan pos dan informatika, penatakelolaan aplikasi informatika, pengelolaan informasi dan komunikasi publik. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan pengelolaan sumber daya dan perangkat pos dan informatika, penyelenggaraan pos dan informatika, penatakelolaan aplikasi informatika, pengelolaan informasi dan komunikasi publik. Pelaksanaan penelitian dan pengembangan sumber daya manusia di bidang komunikasi dan informatika. Pelaksanaan dukungan yang bersifat substantif kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pembinaan dan pemberian dukungan administrasi di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pengawasan atas pelaksanaan tugas dilingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.