Gubernur Irwan Prayitno Paparkan Hasil EKPPD Terhadap LPPD Sumbar 2015

Gubernur Irwan Prayitno Paparkan Hasil EKPPD Terhadap LPPD Sumbar 2015

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 05 Desember 2017 16:45:31 WIB


Bukittinggi, 5 Desember 2017

Dalam sambutan pembukanya pada Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan 2017 di Grand Royal Denai Hotel, Kota Bukittinggi, Gubernur mengulas sedikit tentang Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Prov. Sumbar oleh Kemendagri yang bahan utama prosesnya dari Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) yang disusun berdasarkan hasil evaluasi mandiri Pemda terhadap berbagai dimensi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah.

"EKPPD ini acuan Pemerintah Pusat melihat bekerjanya kita atau tidak," jelasnya.

Gubernur menjelaskan, 40% dari total keseluruhan nilai LPPD Provinsi merupakan nilai LPPD Kab/Kota. Dengan demikian, baik-buruknya nilai LPPD Provinsi sangat dipengaruhi oleh baik-buruknya LPPD Kab/Kota.

"Jadi kalau ada Kota/Kab nilainya rendah akan pengaruh langsung ke nilai provinsi. Sistemnya agregasi. Dan semuanya ini ujungnya kesejahteraan rakyat yang menjadi visi-misi semua Kepala Daerah di manapun," urainya.

Dalam bahan tayang berjudul 'EKPPD terhadap LPPD 2015: Skoring dan Status Kinerja Pemprov Sumbar' yang ditampilkan saat Gubernur menyampaikan ulasannya, terlihat 8 Kab/Kota mendapat kriteria EKPPD Sangat Tinggi (ST). Kab/Kota tersebut yakni: Kab. Pasaman, Kab. Agam, Kab. Sijunjung, Kab. Tanah Datar, Kab. Pessel, Kota Payakumbuh, Kota Bukittinggi, dan Kota Solok. Sementara 11 Kab/Kota sisanya mendapat kriteria Tinggi (T). Dengan demikian, secara keseluruhan, nilai EKPPD Kab/Kota di Sumbar dikatakan relatif bagus.