Gubernur Sumbar Jelaskan TdS 2017 di Metro TV

Gubernur Sumbar Jelaskan TdS 2017 di Metro TV

Berita Utama Drs. AKRAL, MM(Diskominfo) 30 Oktober 2017 17:46:38 WIB


Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno Senin Pagi 30 Oktober 2017 melakukan Dialog langsung (Live Dialog) di Metro T dengan topik  bahasan tentang even Tour de Singkarak  (TdS).

Ikut hadir dalam dialog, Ibu Esthy Reko Astuty, Deputi Pengembangan Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata 

Gubernur mengatakan bahwa "Ajang balap sepeda Tour de Singkarak 2017 mengambil tema sportif, inovatif dan proaktif. Diharapkan para peserta akan bertanding secara sportif dan pertandingan dikemas secara inovatif dan dilaksanakan secara proaktif."

Dampak positif dari penyelenggaraan TdS sangat dirasakan oleh masyarakat terutama dampak ekonomi selama penyelenggaraan berlangsung seperti tingkat hunian hotel, penjualan makanan, souvenir dan kunjungan ke objek-objek wisata.

Persiapan penyelenggaraan Tour de Singkarak sudah mencapai 90%. Rapat koordinasi yang melibatkan kementerian pariwisata, dinas/instansi terkait seperti Balai Jalan Nasional, Dinas PUPR, Perhubungan, Kesehatan dan Polda secara intens sudah dilaksanakan beberapa kali  baik  di Padang dan Jakarta.  Sedangkan untuk rute etape Tour de Singkarak sudah dilakukan 3 kali survei. 

Untuk pengecekan terakhir persiapan penyelenggaraan TdS akan dilaksanakan Rapat Koordinasi tanggal 31 Oktober 2017 di Padang.

Tour de Singkarak  merupakan model promosi dan pengembangan destinasi pariwisata melalui penyelenggaraan event olahraga internasional (balap sepeda), maka disetiap rute etape yang dilalui pembalap akan disuguhi dengan destinasi pariwisata seperti Harau dan Kelok 9 di Kab. Lima Puluh Kota, Kelok 44 di Maninjau, Pantai Carocok Painan, Pantai Gandoriah Pariaman, Istano Basa Pagaruyung, Pantai Tiram Padang Pariaman, Pantai Padang, disamping Bukittinggi dan Sawahlunto, serta equator line dan Rimbo Panti  di Pasaman dan Saribu Rumah Gadang di Solok Selatan. Demikian dilaporkan (by. Akral)