PENCANANGAN BULAN KANKER PAYUDARA SEDUNIA

PENCANANGAN BULAN KANKER PAYUDARA SEDUNIA

Berita Utama WISNITA(Dishub) 04 Oktober 2017 20:20:16 WIB


Pencanangan Bulan Kanker Payudara Sedunia melalui pelayanan Iva Test dan Sadanis bagi ASN dan Isteri ASN  pemda Provinsi Sumatera Barat

TP PKK Provinsi Sumatera Barat bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat serta BPJS Cabang Padang mengadakan Pencanangan Bulan Kanker Payudara Sedunia melalui pelayanan Iva Test dan Sadanis bagi ASN dan Isteri ASN  pemda Provinsi Sumatera Barat dengan tema Deteksi Dini Wujudkan Wanita Indonesia bebas Kanker Serviks dan Payudara yang  dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Bapak Irwan Prayitno, Lobi Kantor Gubernur, Rabu (4/10).

Saya selaku Ketua TP PKK Provinsi menyatakan Kegiatan yang diikuti oleh ASN dan isteri ASN di Pemda Provinsi  Sumatera Barat ini bertujuan untuk memberikan pelayanan tes IVA (inspeksi visual dengan asam asetat) oleh tim kesehatan,serta wawasan mengenai bahaya kanker pada wanita dengan penyuluhan.

TP PKK Provinsi bekerjasama dengan dinas kesehatan dan BPJS kesehatan agar bisa mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin menanggulangi dan melakukan pencegahan  penyakit kanker serviks, setelah melakukan tes.
 
Pelayanan IVA test ini dilaksanakan selama 3 minggu mulai dari sekarang, diharapkan kepada kepala OPD terkait untuk menghimbau ASN dan isteri ASN yang sudah melakukan hubungan seksual secara aktif terutama yang berusia 30-50 tahun mari segera lakukan deteksi dini kanker servik dan saadanis karena mencegah lebih baik mengobati, semakin cepat kita tahu semakin cepat kita mengobatinya jangan sampai terlambat.

Gubernur mengapresiasi, pemeriksaan dini yang dilakukan TP PKK yang bekerja sama dengan Dinas kesehatan ,  Ia melihat upaya ini amat penting karena kanker bisa menjadi pembunuh buat kita. Pemeriksaan dini kanker penting untuk kedepan agar kita bisa hdup sehat dan produktif. Deteksi dengan cepat sehingga bisa sembuh karena kita bisa lakukan pncegahan. 

Untuk menurunkan angka kematian pembunuh no 2 setelah jantung,  mari kita bersama jangan biarkan diri kita terbunuh oleh sebab itu kanker periksakan sejak dini.  Karena banyak  yang tidak tahu,  kita himbau kepala skpd untuk mengajak staf untuk deteksi dini selagi masih stadium rendah. Tes ini meskipun sederhana hasilnya luar biasa.   

Mudah-mudahan dari hasil ini ada kelanjutannya dengan memberikan pengobatannya mulai dari puskesmas hingga rumah sakit. Tidak hanya deteksi namun ada tindak lanjutnya.