TINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT NAGARI

TINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT NAGARI

Berita Utama ROMI ZULFI YANDRA, S.Kom(Dinas Kearsipan dan Perpustakaan) 23 Maret 2017 11:19:21 WIB


Pemprov Sumbar tengah gencar melakukan Gerakan Sumatera Barat Membaca (GSBM). Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Sumatera Barat, Alwis mengimbau masyarakat ikut menyuseskan gerakan membaca ini.

Tujuan dari GSBM adalah untuk mendorong peningkatan pengetahuan di tegah masyarakat. Dengan membaca banyak ilmu yang bisa di dapat. Gerakan ini diharapkan bisa menjadi gerakan yang efektif meningkatkan minat baca di tengah masyarakat.

Program GSBM di pusatkan di nagari-nagari, desa dan kelurahan yang ada di Sumbar. GSBM digulirkan dengan memanfaatkan nagari yang menerima dana desa. Dari total dana desa yang diterima, ada yang dialokasikan untuk membangun infrastuktur seperti perpustakaan dan membeli buku.

Dalam pelaksanakan di lapangan, Pemerintah Provinsi melibatkan semua lapisan yang ada di daerah masyarakat. Alwis menambahkan, gerakan ini merupakan perwujudan Nawacita ke-3 Pemerintah Republik Indonesia. Yakni membangun indonesia dari pinggiran, dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia.

Gerakan Sumbar Membaca juga merupkan pelaksana amanah UU Nomor 43 tahun 2014 yang menegaskan pembangunan kegemaran mambaca harus di lakukan melalui keluarga.

Satuan pendidikan dan masyarakat yang difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Melalui gerakan membaca, pemerintah juga ikut andil menyediakan bacaan bermutu, murah, dan terjangkau serta menyediakan sarana dan prasarana perpustakaan yang bermutu dan diakses. “ Gerakan Sumatera Barat Membaca selaras dengan visi pembangunan jangka menegah Provinsi Sumbar tahun 2016-2021. Yakninya untuk mewujudkan masyaraktat Sumbar yang madani dan sejahtera. Kita harap masyarkat bisa menyukseskan gerakan ini,” katanya. sumber : Harian Padang Ekspres, Kamis 23 Maret 2017