Bersama BNPB, Wakil Gubernur Sumbar Serahkan Bantuan Bagi Korban Bencana Pasaman


Post by Badan Kesatuan Bangsa dan Politik(TITA SHANIA) | Posted on 25 Februari 2020 15:13:43 WIB | Berita Terkini | 196 kali dibaca


Bersama BNPB, Wakil Gubernur Sumbar Serahkan Bantuan Bagi Korban Bencana Pasaman

Curah hujan tinggi yang terjadi di sejumlah daerah beberapa waktu belakangan telah menyebabkan bencana banjir dan tanah longsor. Di Pasaman, banjir yang terjadi mengakibatkan rusaknya areal perkebunan maupun sawah masyarakat dan menyebabkan korban meninggal. Pada Jum'at (22/02), bersama rombongan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Nasrul Abit, melakukan peninjauan langsung pascabanjir sekaligu untuk menyerahkan bantuan bagi para korban.

Menggunakan helikopter BNPB, Wagub Sumbar dan rombongan mendarat dilapangan Gelora Tuanku Imam Bonjol Lubuk Sikaping, Pasaman sekitar 09.00 WIB. Rombongan disambut oleh Sekda Kabupaten Pasaman, Dandim 0305 Pasaman dan para kepala SKPD Kabupaten Pasaman.

Pada kesempatan itu, Sekda Kab. Pasaman, Mara Ondak, menyampaikan kepada rombongan yang datang bahwa banjir yang terjadi di Kecamatan Mapat Tunggul Selatan Kabupaten Pasaman telah menyebabkan kerugian material maupun korban jiwa. Sejumlah areal sawah masyarakat rusak dan 2 orang meninggal dunia akibat bencana tersebut. 2 orang juga dinyatakan kritis. Adapun jumlah KK yang terdampak bencana yakni sebanyak 620 KK.


Usai mendengarkan laporan kejadian bencana yang disampaikan oleh Sekda Kabupaten Pasaman, rombongan Wagub Sumbar beserta Sekda Kab. Pasaman bertolak ke jorong Pintuai Nagari Muaro Sungai Lolo Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, dengan menggunakan helikopter BNPB. Setelah melakukan penerbangan selama lebih kurang 45 menit, dikarenakan kondisi angin yang cukup kencang,  Helikopter BNPB urung melakukan pendaratan di lokasi tujuan dan kembali menuju Lapangan Gelora Tuanku Imam Bonjol Lubuk Sikaping  Penyerahan bantuan untuk korban bencana pun dilakukan di lapangan Gelora Tuanku Imam Bonjol Lubuk Sikaping.

Pada kesempatan itu, Wagub Sumbar dan BNPB menyerahkan bantuan senilai Rp. 325 juta rupiah. Dari jumlah tersebut, rincian Rp250 Juta bersumber dari BNPB dan Rp.75 Juta dari BPBD Sumbar. Selain bantuan uang, Wagub Sumbar juga menyerahkan sekitar 8,1 Ton beras yang bersumber dari Dinas Pangan Pemprov Sumbar, dan berbagai jenis bantuan lainnya dari Dinas Sosial Pemprov Sumbar yang semuanya diperuntukan untuk korban bencana di Nagari Muaro Sungai Lolo.

Wagub Sumbar mengatakan agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Ia juga berharap agar pendistribusian dapat segera dilakukan oleh Pemkab Pasaman.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh