Gubernur Sumbar Canangkan Penguatan LDPM

Berita Utama Agus(Biro Humas) 08 Mei 2015 07:28:31 WIB


Agam, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno canangkan Penguatan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (P-LDPM) dan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) tingkat Sumatera Barat, Nagari Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang, Rabu (6/5) kemaren. 

Belajar dari kondisi yang telah terjadi, ketidakberdayaan petani dalam memasarkan hasil pertanian mereka sering kali mengakibatkan kerugian. Pada musim-musim paceklik, hasil panen yang tidak maksimal turut mengakibatkan keterbatasan pemenuhan pangan yang berakibat kekurangan pangan, tambahnya.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam sambutannya mengatakan, salah satu langkah besar dalam menghadapi berbagai permasalahan yang mendera masyarakat tani.

Padi salah satu penyebab terjadinya inflasi yang acap kali terjadi di Sumatera Barat, namun untuk memenuhi kebutuhan dalam daerah saja, stok persediaan padi selalu terbatas dan mengalami kenaikan harga.

"Kecenderungan pedagang yang menjual komoditi keluar daerah memang menjadi salah satu penyebab Sumatera Barat selalu mengalami inflasi" ucapnya.

Gubernur berharap fungsi LDPM menjadi kekuatan mampu mencukupi kebutuhan persedian dan stok beras dalam daerah. Sementara itu, Bupati Agam Indra Catri Dt Malako Nan Putiah mengapresiasi kucuran dana LDPM kali ini.

Dari tujuh Gapoktan di kabupaten kota yang tersebar di Sumatera Barat, dua Gapoktan di Agam mendapatkannya, perpapil di Tilatang Kamang dan Sarumpun Boneh di Tanjung Raya.

Anugerah yang didapat ini bisa mewujudkan Agam sebagai salah satu lumbung pangan andalan di Sumatera Barat, terus berkarya dan berbuat nyata yang lebih dari apa yang telah dilakukan hingga saat ini.

"Penerimaan bantuan tahap awal untuk tujuh gapoktan merupakan tahapan penumbuhan gapoktan dengan kucuran dana sebesar Rp.150 Juta rupiah". ujar IP.

Sementara, Bupati berharap melalui LDPM kedepan bisa menggiring gapoktan pada tahap pengembangan dan mampu membangun kekuatan secara bersama, mengayomi seluruh anggota serta memberikan dampak yang selaus-luasnya terhadap penguatan cadangan pangan di daerah, sehinga Gapoktan yang mendapatkan kucuran dana bantuan LDPM berada pada tahap ketiga dimana Gapoktan telah mandiri dan mampu memberikan dampak seluas-luasnya terhadap kesejahteraan masyarakat.

Humas Sumbar