DPRD Sumbar Dukung Peran Aktif Masyarakat Awasi Korupsi dan Pungli


Post by Sekretariat DPRD Prov. Sumbar(DENY SURYANI, S.IP) | Posted on 03 Februari 2017 00:11:48 WIB | Berita Terkini | 1077 kali dibaca


DPRD Sumbar Dukung Peran Aktif Masyarakat Awasi Korupsi dan Pungli

PADANG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat sangat mendukung peran aktif masyarakat dalam pengawasan kinerja pemerintahan, termasuk pengawasan terhadap korupsi dan pungutan liar (pungli).

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim menerima kedatangan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komunitas Pengawas Korupsi (KPK), Kamis (2/2) menegaskan, peran aktif dan partisipasi masyarakat dalam pengawasan penyelenggaraan pemerintahan sangat dibutuhkan.

"Peran aktif masyarakat dalam pengawasan penyelenggaraan pemerintahan diatur di dalam undang-undang. DPRD sangat mendukung bentuk pengawasan tersebut dalam rangka menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih," tegasnya.

Kehadiran LSM KPK di Sumatera Barat, kata Hendra, akan sangat membantu pemerintah provinsi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah. Semakin banyak masyarakat yang mengawasi akan semakin baik sehingga penyelenggara pemerintahan akan semakin berhati-hati.

Namun dia berharap, organisasi atau LSM yang ada di Sumatera Barat hendaknya menjalankan roda organisasi secara profesional dan sesuai dengan koridor. Dengan porfesionalisme, akan berkontribusi terhadap kemajuan daerah dan dalam rangka mencapai tujuan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

Sekretaris LSM KPK Sumatera Barat Novico Prima, dalam konferensi pers dengan wartawan usai pertemuan dengan Ketua DPRD Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim menyebutkan, LSM KPK berkantor pusat di Tangerang, Banten. Untuk Sumatera Barat, sekretariat berada di Jalan DPR Dadok Tunggul Hitam, Padang.

"LSM ini bergerak dalam bidang pengawasan yang berkaitan dengan anggaran APBN dan APBD serta mengawasi kebijakan publik<' katanya.

Dia menambahkan, tujuan dari organisasi tersebut adalah mendidik masyarakat agar mengerti tentang tujuan program pemerintah, mengajari dan menuntun masyarakat agar peduli dan ikut bersama-sama dalam mengawasi kebijakan pemerintah baik di pusat maupun di daerah. *Publikasi.(dprd.sumbarprov.go.id)

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh