PEMBUKAAN 15 PAKET PELATIHAN KERJA DI BLK PADANG


Post by Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi(YAYAT WAHYUDI.A, ST, M.Si) | Posted on 30 Januari 2017 14:34:17 WIB | Tenaga Kerja | 3010 kali dibaca


PEMBUKAAN 15 PAKET PELATIHAN KERJA DI BLK PADANG

Pemerintah daerah menyadari sangat bahwa peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) adalah merupakan salah satu kunci dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan ini.Oleh sebab itu Pemerintah Daerah berupaya mengurangi angka pengangguran ini melalui program-program penanggulangan pengangguran baik melalui baik APBD I (Provinsi)  maupun APBD II (Kabupaten / Kota). Apalagi sekarang kita sudah berada dalam kondisi persaingan bebas Asean yang kita kenal dengan istilah MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) dimana kita dituntut  menyiapkan tenaga kerja yang kompeten.

Disamping APBD baik Provinsi maupun Kabupaten/ Kota, Kami tahu bahwa alokasi dana pusat pada bidang ketenagakerjaan untuk  Sumbar sangat banyak seperti diantaranya dana untuk pelatihan kerja di Sumbar melalui BLK Padang (milik pusat) sangat tinggi terhadap peningkatan pelatihan (kualitas SDM) di Sumatera Barat dimana dapat melatih sekitar  2.000 s/d 2.500 orang setiap tahun, sedangkan Sumbar melalui APBD I dan APBD II Bidang Kenakeran hanya sanggup melatih sekitar 1.200 orang/tahun. Disamping itu kami juga dapat memagangkan sekitar 300 s/d 400 orang setiap tahunnya melalui Kegiatan Pelatihan Pemagangan dalam negeri dari Dana APBN (pusat), juga untuk kegiatan dari bidang lainnya seperti Kegiatan Penempatan Tenaga Kerja, Pengawasan dan Hubungan Industrial ada alokasi dari APBN.

Dalam upaya menopang penyiapan SDM melalui pelatihan kerja, Sumbar mempunyai 320 Lebaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) dan sudah terakreditasi sebanyak 107 Program Pelatihannya. LPKS ini juga dapat memberikan kontribusi pelatihan sekitar 10.000 orang setiap tahun yang dibiayai melaui swadaya masyarakat (membayar sendir), bantuan pusat baik itu dari Kementerian Ketenagakerjaan melalui kegiatan bantuan program pelatihan juga dari kementerian lain diantaranya Kementerian Pendidikan Nasional. Sehingga secara keseluruhan Sumbar dapat melatih sebanyak lebih kurang 19.000 orang setiap tahun.

Jumlah Balai Latihan kerja, disamping BLK Padang ini (BLK pusat),  ada  2 (dua) buah BLK Provinsi yaitu BLK Padang Panjang dan BLK Payakumbuh. Ada pula sebanyak 9 (sembilan) BLK Kabupaten/Kota yang dapat melakukan pelatihan kerja di Sumbar. Berdasarkan monitoring yang dilakukan terhadap lulusan pelatihan ini, serapan pelatihan baru mencapai (65 – 70) %. Rendahnya serapan ini karena pertumbuhan industri /perusahaan di Sumbar tidak seimbang dengan pertumbuhan angkatan kerja.

Untuk itu kami juga mendorong penempatan tenaga kerja luar negeri dan penempatan melalui sektor informal dan kewirausahaan. Dalam menopang pelatihan kerja, baik sarana dan prasarana BLK secara berangsur kami tingkatkan sebatas kemampuan keuangan daerah, diantaranya seperti peralatan dan juga bangunan (asrama) namun sangat lamban kemajuannya, untuk itu kami berharap kepada Pak Dirjen semoga terus dapat meningkatan pengembangan sarana dan prasarana pelatihan ini melalui dana pusat.

Selanjutnya  Penempatan Tenaga Kerja,  Sumbar pada tahun 2016 baru bisa menempatkan sebanyak  6.810 orang (dalam dan luar negeri) sebagai berikut :

Lokal                              = 5.659 orang

Antar Daerah                   =    163 orang

AKAN (Luar Negeri)        =    988 orang

Selanjutnya kami sampaikan kondisi ketenagakerjaan hubungan industrial di Sumbar:

ü  Jumlah perusahaan = 3.694 prsh (UU No.7/1981) (kecil = 3.102 prsh, menengah = 329 prsh dan besar = 263 prsh)

ü  Jumlah Tenaga Kerja = 168.081 orang (laki – laki = 119.293 orang dan perempuan = 48.788 orang)

ü  Kondisi Mediator  = 22 orang (Struktural = 7 orang dan mediator aktif = 15 orang)

ü  Pengawas = 34 orang (PPNS = 6 orang, Spesialis = 6 orang dan pengawas biasa = 22 orang)

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penandatanganan Kesepakatan Gerakan Nasional Tertib Arsip

    • Kamis, 14 September 2017
    • Kamis, 14 September 2017
  • Peringatan Hari Pangan Sedunia Tingkat Sumatera Barat

    • Jumat, 29 September 2017
    • Minggu, 01 Oktober 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh