Komisi I Tinjau Persiapan Pilkada Kota Payakumbuh


Post by Sekretariat DPRD Prov. Sumbar(DENY SURYANI, S.IP) | Posted on 24 Januari 2017 22:54:50 WIB | Berita Terkini | 925 kali dibaca


Komisi I Tinjau Persiapan Pilkada Kota Payakumbuh

Padang, Set DPRD----Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat, Jum'at (20/1) melakukan kunjungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh. Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat langsung persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Payakumbuh pada 15 Pebruari 2017 mendatang.

             Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar, Komi Chaniago, SH menyebutkan, kunjungan Komisi I DPRD Sumbar ini bertujuan untuk meninjau kondisi lapangan dan persiapan KPU Kota Payakumbuh terkait pelaksanaan Pilkada Kota Payakumbuh Tahun 2017 yang digelar serentak dengan daerah lainnya di seluruh Indonesia, yakni tanggal 15 Pebruari mendatang.

             "Hal yang ingin kami ketahui adalah terkait proses tahapan Pilkada dan kendala yang ditemui di lapangan. Memang dari informasi yang ada di media kami sudah mengetahuinya. Namun untuk lebih jauhnya, tentu kami juga ingin mendapatkan informasi langsung dari KPU Kota Payakumbuh sendiri," ungkap Komi Chaniago.

             Komisioner KPU Kota Payakumbuh, Yuzalmon mengatakan, pihaknya atas nama KPU Kota Payakumbuh sangat berterima kasih atas kedatangan Komisi I DPRD Sumbar ini. Ini merupakan suatu kehormatan dan dukungan bagi KPU Kota Payakumbuh dalam pelaksanaan Pilkada nantinya.

             "Kami sangat senang sekali karena Komisi I DPRD Sumbar datang ke KPU Kota Payakumbuh," ucap Yuzalmon yang pada kesempatan ini juga didampingi Komisioner lainnya, yakni Haidi Mursal,SP dan Ade Jumiarti,S.IP serta Sekretaris KPU Kota Payakumbuh, Dipa Surya Persada,S.STP,MM.

             Dijelaskan Yuzalmon, proses tahapan Pilkada Kota Payakumbuh 2017 ini telah dimulai pada Juni 2017 lalu dan semua tahapan berjalan dengan baik. Meski ada sedikit riak-riak dan dinamika. Namun semuanya itu tidak mengganggu tahapan yang ada. "Kami akui, dalam pelaksanaan tahapan Pilkada ini terjadi riak-riak kecil, tapi semuanya itu masih dalam koridor dan tidak mengganggu proses Pilkada," terang Yuzalmon.

            Dikatakan Yuzalmon, KPU Kota Payakumbuh dalam melaksanakan Pilkada ini berusaha melakukan tahapan proses Pilkada sesuai dengan aturan dan perundang-undangan. Sampai saat ini belum ada kendala dalam pelaksanaannya. "Alhamdulillah, pelaksanaan tahapan Pilkada berjalan lancar dan aman. Mulai dari tahapan awal sampai pada pelaksanaan kampanye, semuanya berjalan sesuai dengan harapan," tukas Yuzalmon.

              Di kesempatan yang sama Anggota Komisi I DPRD Sumbar, Dra. Siti Izzati Aziz menanyakan upaya yang dilakukan oleh KPU Kota Payakumbuh guna meningkatkan partispasi masyarakat dalam Pilkada. "Kami ingin tahu, upaya apa yang dilakukan KPU guna meningkatkan partisipasi pemilih. Karena suksesnya pelaksanaan Pilkada ini tidak hanya terlihat dari kelancaran pelaksanaannya saja, tapi juga dari angka partisipasi masyarakat dalam meberikan hak suaranya," tukas Siti Izzati Aziz.

             Menjawab pertanyaan tersebut, Yuzalmon menyebutkan, berbagai upaya telah dilakukan KPU Kota Payakumbuh, yakni mulai dari pemberiatahuan awal tentang pelaksanaan Pilkada, pemasangan APK di lokasi-lokasi yang mudah diketahui masyarakat, sampai kepada sosialisasi. Dalam sosialisasi ini, KPU mengadakannya dalam bentuk olaharaga jalan santai yang dibarengi dengan kegiatan donor darah dan kegiatan lainnya yang bertujuan agar masyarakat tahu dengan pelaksanaan Pilkada ini dan ikut menyukseskannya dengan bentuk memberikan hak suaranya pada pelaksanaan Pilkada nantinya.

             "Kami optimis, tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada Kota Payakumbuh ini akan meningkat. Mudah-mudahan lebih tinggi dari pelaksanaan Pilgub 2015 lalu. Karena KPU sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mengajak masyarakat guna menyalurkan hak pilih mereka ke TPS nantinya," ujar Yuzalmon.  */Publikasi (dprd.sumbarprov.go.id)

 

 

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh