10 Tempat Wisata Yang Harus Anda Kunjungi di Sumatera Barat


Post by Biro Umum(RAHMI KEMALA DASRIL) | Posted on 30 November 2016 22:19:10 WIB | Pariwisata | 1291 kali dibaca


10 Tempat Wisata Yang Harus Anda Kunjungi di Sumatera Barat

10 Tempat Wisata Yang Harus Anda Kunjungi di Sumatera Barat

Tempat wisata di Indonesia sangatlah banyak dari Sabang hingga  Merauke, yang tidak kalah indah dengan tempat wisata di luar negeri. Tetapi sayang kebanyakan orang Indonesia, lebih suka pergi liburan ke luar negeri dari pada tempat wisata di negeri sendiri. Padahal sangat banyak Tempat Wisata di Indonesia ini yang jauh lebih Indah dari yang ada di Luar Negeri, contohnya saja Kepulauan Raja Ampat. Dan masih banyak tempat wisata lainnya

Sumatera Barat terkenal dengan masakannya yang lezat yaitu Rendang tetapi juga memiliki tempat wisata, seperti Lembah Harau, Lembah Anai, Pantai Air Manis, Jam Gadang dan masih banyak lainnya.


Berikut adalah 10 daftar Tempat Wisata Di Sumatera Barat yang harus dikunjungi.

 

1. Pulau Pasumpahan 

Tempat Wisata Pertama yang harus dikunjungi ketika pergi ke Sumatera Barat adalah Tempat Wisata Pulau Pasumpahan, yang Sekarang sangat banyak dikunjungi oleh para wisatawan, karena di pulau pasumpahan ini bisa dikatakan sekarang adalah tempat wisata di padang yang paling indah, karena di Pulau Pasumpahan ini kita akan menjumpai pantai dengan pasir putih dengan air laut yang jernih. Sekarang banyak wisatawan yang berdatangan ke pulau Pasumpahan dan juga terdapat beberapa tempat penyelaman bagi yang suka menyelam.

 

2. Pemandian Tirta Alami

Pemandian Tirta Alami, tempat wisata yang satu ini sudah ada sejak lama. Sesuai dengan namanya Tirta Alami ini adalah tempat wisata pemandian yang alami, tanpa kaporit dan dengan nuansa dingin yang sejuk. Dan kolamnya juga terbuat alami. Biaya masuk ketempat wisata Tirta Alami sangatlah murah, cukup mengeluarkan uang tiga ribu rupiah untuk masuk ke tempat wisata Tirta Alami ini.

 

3. Lembah Anai

Lembah Anai salah satu tempat wisata alami yang terkenal dan menjadi maskot pariwisata di Sumatera Barat. Air Terjun Lembah Anai, Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 35 meter ini merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah patahan Anai. Air terjun ini berada di bagian barat Cagar Alam Lembah Anai,
Ada 3 air terjun di lokasi ini, salah satunya di antaranya terletak di pinggir jalan yang sering dikenal dengan Air Terjun Lembah Anai. Sementara dua air terjun lainnya tertutup oleh lebatnya hutan, sehingga belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Wisatawan yang ingin menyaksikan dua air terjun tersebut dapat menempuh perjalanan sekitar 15 menit dari lokasi Air Terjun Lembah Anai. Tak jauh dari lokasi air terjun ini terdapat aliran sungai besar berbatu yg mengalir air yang jernih. Di atas sungai tersebut melintas jembatan rel kereta api peninggalan Belanda.

4. Lembah Harau

Di Lembah Harau ini anda akan menjumpai Air Terjun yang tidak kalah dengan Air Terjun  Lembah Anai. Tidak hanya terdapat satu air terjun, tetapi di Lembah Harau terdapat beberapa air terjun yang sangat indah, tidak hanya air terjun yang menawan dan indah yang bisa sahabat temui di lembah harau ini tetapi juga pemandangan indah tebing. Tebing Lembah Harau ini juga sangat bagus untuk dijadikan untuk memanjat tebing karena terdapat tebing yang tinggi dan curam.

 

5. Puncak Lawang

Daerah yang tidak jauh dari Kota Bukittinggi yang hanya berjarak sekitar 20 kilometer, terdapat sebuah tempat wisata yang memiliki udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Tidak hanya sekedar itu saja, dari ketinggian Puncak Lawang ini kita bisa melihat pemandangan indah, hijaunya perbukitan dan birunya Danau Maninjau.

 

6. Istana Pagaruyuang

Istana Pagaruyuang adalah salah satu peninggalan sejarah kerajaan di Sumatera Barat. Dan sekarang menjadi salah satu objek wisata yang sangat banyak dikunjungi oleh para wisatawan, tidak jauh dari Istana Pagaruyuang ini anda bisa melanjutkan perjalanan ke Danau Singkarak di Solok.

 

7. Jam Gadang 

Jam Gadang merupakan salah satu icon wisata dari kota Bukittinggi yang berada di alun-alun Kota Bukittinggi. Ketika berkunjung ke Sumatera Barat, kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Jam Gadang ini.

 

8. Air Nyarai

Air Terjun Nyarai adalah tempat wisata pemandian yang sama dengan Tirta Alami, Air Terjun Nyarai dulunya tersembunyi di Hutan, namun kini menjadi salah satu Tempat Wisata Favorit di Sumatera Barat. Air Terjun Nyarai tidak hanya memberikan keindahan Air Terjunnya saja, lokasinya yang berada di pedalaman hutan membuat kita harus mencapainya dengan berjalan kaki menerobos hutan Gamaran. Rasa letih hilang karena disepanjang perjalanan kita akan disuguhkan oleh berbagai pemandangan alam yang masih asri dan sangat sayang untuk dilewatkan. Selain itu ada beberapa lubuak (kolam alami) yang akan dilewati seperti Lubuak Lalang, Lubuak Ngungun dan Lubuak Batu Taduang.

 

9. Pantai Pemutusan

Pantai Pemutusan ini berada disebalah barat provinsi sumatera barat, bukan hanya pasir putih dan pantainya saja, namun di pantai pemutusan juga memiliki keindahan Terumbu Karang yang sangat sayang dilewatkan. Di daerah ini, terdapat beberapa pulau yang terlihat menjulang dari bawah laut dan disetiap pulau-pulau itu memiliki keindahan terumbu karang yang tentunya bisa menjadi kebanggaan daerah Provinsi Sumatera Barat kepada pariwisata dunia.

10. Pantai Pagang 

Pantai Pagang tidak jauh berbeda dengan pantai lainya yang memiliki pemandangan   yang indah, namun terdapat kelebihan dari Pantai Pagang ini yaitu suasana yang tenang. Jika anda ingin rehat sebentar dari hiruk-pikuk kehidupan kota, mungkin pantai ini adalah piilihan terbaik untuk anda.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penyerahan Penghargaan Literasi dan Rapat Koordinas Bidang Perpustakaa

    • Jumat, 20 Oktober 2017
    • Jumat, 20 Oktober 2017
  • Penandatanganan Kesepakatan Gerakan Nasional Tertib Arsip

    • Kamis, 14 September 2017
    • Kamis, 14 September 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh