sumbarprov.go.id :: a b bpm-sumbarprov.go.id bappeda sumbar rup sumbar1

LAUNCHING GERMAS DI PROVINSI SUMATERA BARAT

2016-11-30 15:39:17 || dibaca: 299 pengunjung || category: Berita Terkini || post by: Dinas Kesehatan

Pencanangan GERMAS menandai puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 yang jatuh pada 12 November 2016. Tahun ini, HKN ke-52 mengusung tema Indonesia Cinta Sehat dengan sub tema Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat. Tema ini harus dimaknai secara luas, seiring dengan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga melalui gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS). Secara khusus, GERMAS diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat, dan mengurangi beban biaya kesehatan.

GERMAS merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat. Untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran Kementerian dan Lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi profesi dalam menggerakkan anggotanya untuk berperilaku sehat; serta Pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah dalam menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, memantau dan mengevaluasipelaksanaannya.
Salah satu dukungan nyata lintas sektor untuk suksesnya GERMAS, diantaranya Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang berfokus pada pembangunan akses air minum, sanitasi, dan pemukiman layak huni, yang merupakan infrastruktur dasar yang mendukung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan dalam hal keamanan pangan.
Dalam kehidupan sehari-hari, praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud Revolusi Mental. GERMAS mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah     perilaku sehat.

  • Diawali dengan kegiatan senam bersama dan demo cuci tangan pakai sabun (CTPS) oleh para siswa sekolah dasar, pencanangan GERMAS di sepuluh lokasi ini menandai puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 yang jatuh pada 12 November 2016. Tahun ini, HKN ke-52 mengusung tema Indonesia Cinta Sehat dengan sub tema Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat. Berikut semarak pencanangan GERMAS yang secara serentak di 10 lokasi:

No

Provinsi

Kab/Kota

1

D I Jogyakarta

Kabupaten Bantul

2

Jawa Barat

Kabupaten Bogor

3

Banten

Kabupaten Pandeglang

4

Kepuilauan Riau

Kota  Batam

5

Jambi

Kota Jambi

6

Jawa Timur

Kota Surabaya7

7

Jawa Timur

Kota Madiun

8

Sulawesi Selatan

Kota Pare-pare

9

Jawa Tengah

 Kabupaten Purbalingga

10

Sumatera Barat

Kabupaten Padang Pariaman,


LAUNCHING GERMAS DI SUMATERA BARAT

Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman ( Provinsi Sumatera Barat) selasa 15 November 2016, bertempat di Lapangan Bola Sungai Abang  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise; didampingi Staf Khusus Menteri Bidang Peningkatan Pelayanan Kemenkes RI, Prof. Dr. dr. Akmal Taher; Wakil Gubernur Sumatera Barat, Drs H. Nasrul Abit. Dihadiri pula oleh Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Ditjen Cipta Karya Kementerian PU PR, Ir. Dodi Krispratmadi, M.Env.E.Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat , Ibu Kepala Dinas Kesehatan Propvisni Sumatera Barat melaksanakan senam sehat bersama.


Suara  gendang tasa yang dipukul  secara bersama menandai launching Germas di Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh  bazaar buah BP3KP berkerja sama dengan asosiasi wanita tani (ASWATA), pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan IVA di Puskesmas Lubuk Alung dan pameran serta  peninjauan dengan berjalan kaki bersama  ke UKS SMAN I Lubuk Alung.



Berita Terkait

.

HARHUBNAS 2015

Acara Pelepasan Gerak Jalan Santai HARHUBNAS 2015 oleh kepala Dinas Perhubungan Kominfo Prov. Sumbar minggu, 13 September 2015 yang diikuti oleh keluarga besar perhubungan Kominfo dan Mitra kerja. Acara yang dilanjutkan dengan pembagian kupon doorpr

Lihat Selengkapnya

PENILAIAN LOMBA SEKOLAH SEHAT TINGKAT NASIONAL TAHUN 2016 DI KAB. LIMA PULUH KOTA

Pemberian Cenderamata oleh Bupati kepada Ketua Tim Penilai Pusat

Lihat Selengkapnya

DEKLARASI PILKADA BERINTEGRITASI BADUNSANAK YANG DAMAI DI RANAH MINANG

Kalimat ini disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Husni Kamil Manik. SP. Mp pada pidato Launching (peluncuran)  alias mendeklarasikan Kampanye Pemilihan Umum Kepala Daerah (PILKADA) Serentak di Sumatera Barat yang dilaksanakan

Lihat Selengkapnya

best website stats