sumbarprov.go.id :: a b bpm-sumbarprov.go.id bappeda sumbar rup sumbar1

DPRD MINTA RANCANGAN KONSTRUKSI PEMBANGUNAN RSUD SOLOK HARUS TERENCANA

2016-11-24 08:41:58 || dibaca: 261 pengunjung || category: Berita Terkini || post by: Sekretariat DPRD Prov. Sumbar

Padang, Set DPRD---Rancangan konstruksi bangunan gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Solok harus dilakukan secara terencana mengingat luas lahan tersedia. Dengan hanya lahan 3 hektar, tata bangunan gedung harus dirancang seefektif mungkin untuk mensiasati ketersediaan lahan.

Hal itu disarankan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat saat berkunjung ke rumah sakit milik Pemerintah Provinsi tersebut meninjau pengembangan rumah sakit yang tengah dilakukan. Ketua Komisi III DPRD Provinsi Sumatera Barat Iswandi Latif mengingatkan agar pihak rumah sakit melakukan koordinasi dan komunikasi untuk mencari solusi.

"Perencanaan konstruksi harus terencana, disesuaikan dengan ketersediaan lahan sehingga pengembangan rumah sakit dapat berjalan tanpa kendala. Jadi harus ada koordinasi dan komunikasi yang baik antara pihak rumah sakit dan pemerintah provinsi," saran Iswandi, Sabtu lalu.

Ditambahkan Iswandi, masterplan pembangunan gedung harus menyesuaikan dengan ketersediaan lahan. Kalau masterplan sesuai, menurutnya lahan 3 hektar tersebut dirasakan mencukupi. Perencanaan yang tepat akan membuat kendala lahan dalam pembangunan gedung penambahan sarana prasarana rumah sakit tersebut bisa diatasi. “Dengan dilengkapinya sarana, diharapkan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut juga meningkat,” tukas Iswandi.

Direktur RSUD Solok Ernoviana kepada anggota Komisi III DPRD Provinsi Sumatera Barat yang datang berkunjung menuturkan, pembangunan rumah sakit saat ini dalam pengembangan gedung untuk Kelas VIP. Akhir tahun ini, dua gedung VIP akan siap dengan menelan biaya Rp20 miliar. Luas lahan lebih kurang 3,06 hektar menurutnya sudah dipenuhi oleh bangunan.

“Untuk mengatasi kendala lahan, pihaknya berencana melakukan pengembangan gedung secara vertikal atau bertingkat. RSUD  juga tengah melakukan upaya pendekatan kepada Pemerintah Kota Solok untuk membantu pembebasan lahan seluas 3 hektar lagi,” ungkap Ernoviana.

Disebutkannya, kalau lahan tersebut bisa disediakan Pemko Solok, rencananya akan dibangun OKA (kamar operasi, red) sentral dan gedung Sub Spesialis. Pengembangan lainnya nanti akan dilakukan secara vertikal.

 “OKA Sentral dan Sub Spesialis ini akan menelan biaya sekitar Rp100 miliar. Dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumatera Barat tahun 2017. Pembangunan tersebut adalah untuk melengkapi dan meningkatkan sarana prasarana rumah sakit,” tutup Ernoviana. */Publikasi/Padang Media. (dprd.sumbarprov.go.id)



Berita Terkait

.

HARHUBNAS 2015

Acara Pelepasan Gerak Jalan Santai HARHUBNAS 2015 oleh kepala Dinas Perhubungan Kominfo Prov. Sumbar minggu, 13 September 2015 yang diikuti oleh keluarga besar perhubungan Kominfo dan Mitra kerja. Acara yang dilanjutkan dengan pembagian kupon doorpr

Lihat Selengkapnya

PENILAIAN LOMBA SEKOLAH SEHAT TINGKAT NASIONAL TAHUN 2016 DI KAB. LIMA PULUH KOTA

Pemberian Cenderamata oleh Bupati kepada Ketua Tim Penilai Pusat

Lihat Selengkapnya

DEKLARASI PILKADA BERINTEGRITASI BADUNSANAK YANG DAMAI DI RANAH MINANG

Kalimat ini disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Husni Kamil Manik. SP. Mp pada pidato Launching (peluncuran)  alias mendeklarasikan Kampanye Pemilihan Umum Kepala Daerah (PILKADA) Serentak di Sumatera Barat yang dilaksanakan

Lihat Selengkapnya

best website stats