Menteri PPPA Canangkan Germas di Padangpariaman


Post by Dinas Kesehatan(Indra, S.Kom) | Posted on 17 November 2016 08:34:07 WIB | Layanan Kesehatan | 484 kali dibaca


Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise mencanangkan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) di Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat.
 
     "Germas merupakan program pemerintah pusat yang digagas oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla sebagai upaya meningkatkan kualitas budaya hidup sehat dan bersih," katanya pada pencanangan Germas di Parit Malintang, Selasa.
 
     Ia mengatakan Germas program pemerintah pusat yang diteruskan ke seluruh provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia dalam meningkatkan kualitas hidup sehat dan bersih.
 
     Oleh karena itu Germas diharapkan dapat dilakukan dengan cara promotif dan preventif dengan tujuan menurunkan beban penyakit, menurunkan angka produktivitas penduduk, dan menurunkan beban biaya kesehatan.
 
     "Pembangunan kesehatan Indonesia merupakan bentuk aplikasi nyata dari revolusi mental yang dibangun pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat terutama di bidang kesehatan," ujar Menteri asal tanah Papua tersebut.
 
     Melalui Germas yang dicanangkan pemerintah tersebut, ia berharap semua elemen masyarakat bisa meningkatkan budaya hidup bersih dan sehat.
 
     Beberapa hal kecil yang dapat dilakukan dalam membudayakan hidup sehat dan bersih di antaranya, mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan, menjaga kebersihan rumah, ketersediaan air bersih, makan buah dan sayur serta menjaga aktivitas olahraga.
 
     "Selain itu para keluarga dan lingkungan harus bisa menjaga anak-anak dari bahaya asap rokok, karena budaya hidup bersih dan sehat harus dimulai dari diri sendiri," ujarnya.
 
     Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan Germas yang digagas oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla harus didukung dan disukseskan oleh semua pihak.
 
     Total ada 10 kabupaten dan kota se-Indonesia yang mencanangkan Germas di antaranya Kota Batam, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bogor, Kota Jambi, Kabupaten Padangpariaman, Kabupaten Pandeglang, Kota Pare-Pare, Kabupaten Purbalingga, Kota Surabaya dan Kota Madiun.
 
     Ia mengatakan untuk Provinsi Sumbar persentase realisasi kesehatan telah mencapai 20 persen. Hal tersebut sebut dia, merupakan bentuk nyata komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.
 
     "Gerakan masyarakat hidup sehat tidak akan berhasil tanpa adanya reaksi nyata dari masyarakat. Pemerintah hanya memfasilitasi, maka masyarakat yang harus berbuat nyata," ujarnya.
 
     Bupati Padangpariaman Ali Mukhni mengatakan sebelum pemerintah setempat mencanangkan Germas, pihaknya telah menjalankan program Padangpariaman Sehat sejak 2015.
 
     "Seluruh biaya kesehatan di Padangpariaman gratis diambil dari dana Badan Amil Zakat Nasional terutama masyarakat ekonomi lemah," ujarnya.
 
     Menurutnya Germas merupakan suatu program yang sejalan dengan nawa cita Presiden Joko Widodo. Oleh sebab itu ia mengimbau masyarakat agar saling menyukseskan program tersebut. (*)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penyerahan Penghargaan Literasi dan Rapat Koordinas Bidang Perpustakaa

    • Jumat, 20 Oktober 2017
    • Jumat, 20 Oktober 2017
  • Penandatanganan Kesepakatan Gerakan Nasional Tertib Arsip

    • Kamis, 14 September 2017
    • Kamis, 14 September 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh