SUMATERA BARAT IKUTI FESTIVAL RAKYAT PeSoNa DI JAKARTA


Post by Dinas Kehutanan(FEBY ANROW, S.Hut) | Posted on 24 Oktober 2016 15:20:39 WIB | Kehutanan | 443 kali dibaca


SUMATERA BARAT IKUTI FESTIVAL RAKYAT PeSoNa DI JAKARTA

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya membuka secara resmi Festival Rakyat Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) yang diadakan di Komplek Manggala Wana Bakti Jakarta tanggal 6 s/d 8 September 2016. Menurut Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraaan Lingkungan, kegiatan ini merupakan pertama kali diadakan sebagai hasil kerjasama yang antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (KLHK) dengan beberapa Penggiat dan Komunitas Perhutanan Sosial di seluruh Indonesia dengan tujuan sebagai ajang silaturrahim juga untuk pesta rakyat.

Menurut Kadinas Kehutanan Sumatera Barat Hendri Octavia, sebagai salah satu provinsi terdepan dalam Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM), Sumatera Barat ikut serta pada PeSoNa tersebut. Ada sebelas komunitas dari kelompok Hutan Nagari dan Hutan Kemasyarakatan ikut pada Festival PeSoNa dipimpin oleh Yonefis Yusman Kepala Bidang RHL Dinas Kehutanan Sumbar. Tidak kurang 20 jenis komoditi hasil hutan yang ditampilkan dengan ciri khas masing-masing kelompok berupa makanan, minuman, kerajinan dan tempat eko wisata.

HKM Karya Setia Kab. Pasaman menghadirkan produk gula semut, Hutan Nagari Simpang dengan Rendang Paku, Hutan Nagari Santiago dan Simancuang dengan beras organik, Sungai Buluh dan Nyarai paket eko wisata, Hutan Sirukam Solok dengan Kerajinan Tas dan Bambu, Hutan Nagari Paru dengan Pasak Bumi dan Madu. Beberapa produk unggulan dari Hutan Nagari dan Hkm juga diikutkan panitia pada lelang terbuka. Semua produk yang dibawa ke Jakarta diserbu pengunjung dan laku laris manis. Direktur Bina Usaha Pengembangan Perhutanan Sosial Ir. Masyud MSc ketika lelang produk menyatakan rasa salut tentang pengembangan perhutanan sosial di Sumbar yang telah mengarahkan kegiatannya kepada usaha produktif. Ini perlu kita dukung karena apabila usaha berjalan dengan sendirinya akan mendorong ekonomi masyarakat sekitar hutan.

Meidiwardi Mantan Atase Kehutanan RI di Jepang menilai Sumatera Barat mempunyai potensi yang luar biasa di bidang hasil hutan bukan kayu seperti tanaman aren, jamur, pasak bumi. Tinggal bagaimana produk tersebut perlu dikemas dengan baik dan terstandar, harapnya. Selain menampilkan produk, Peserta Komunitas PHBM dari Sumbar juga mengikuti sarasehan untuk menambah ilmu dan pengalaman dengan pembicara/narasumber para pakar dibidangnya . Khusus untuk pengembangan usaha dilakukan ivent temu mitra dengan dunia usaha ternama di Jakarta (Yon).


Berita Terkait :

Belum Ada Berita Terkait

 

Video

Foto

Kegiatan

  • SEMINAR SASTRA DALAM RANGKA MENINGKATKAN PEMAHAMAN GENERASI MUDA TENTA

    • Kamis, 27 Juli 2017
    • Kamis, 27 Juli 2017
  • Penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara Pemerintah Provinsi Sumater

    • Rabu, 21 Juni 2017
    • Rabu, 21 Juni 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh