SOSIALISASI PENGEMBANGAN EKSOR DI KOTA PADANG


Post by Dinas Perindustrian dan Perdagangan(BUDI SETIAWAN, ST, M.Si) | Posted on 30 September 2016 13:39:42 WIB | Industri dan Perdagangan | 381 kali dibaca


SOSIALISASI PENGEMBANGAN EKSOR DI KOTA PADANG

SOSIALISASI PENGEMBANGAN EKSPOR DI KOTA PADANG

 

Sosialisasi Pengembangn Ekspor di Kota Padang merupakan Kegaiatan dari Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional tahun 2016, kegiatan ini okus pada Pengembangan Disain Produk Fesyen yang berasal dari songket dan tenun serta perbaikan disain kemasan dan labelling produk makanan.

Sosialisasi ini diadakan pada tanggal 14 Septeber 2016 bertempat di Hotel Grand Inna Muara Padang, dengan peserta berjumlah 75 orang yang terdiri dari aparat terkait dari Kabupaten dan Kota di Sumater Barat dan IKM Produk Tekstil dan makanan.

Nara Sumber berasal dari

  1. Ditjen Kemendag disampaikan oleh Ibu Gustini Kabag Program Setkretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional
  2. Desainer Ahli Pengemasan Produk Makanan Dr. Endang Warsiki dari Institut Pertanian Bogor
  3. Desainer produk Fesyen IC Denpasar Dwi Iskandar

 Kegiatan Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Dias Perindustrian dan Pedagangan Provinsi Sumatera Barat Asben Hendri. Dalam Sosialisasi Kementerian Perdagangan menyampaikan diantaranya Arah Kebijaksaan Pengembangan Perdagangan, Pengebangan Pasar dan Peningkatan Daya Saing Produk Ekspor, Program Promosi Ekspor dan Program Pengembangan Ekspor,dengan Moderator Triyani Susilowati Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat.

Sedangkan Disainer ahli Pengemasan Produk menyajikan bahwa Penjaminan kwalitas produk dalam kemasan selama ini hanya didasarkan pada label kedaluarsa. Label ini bersifat pasif, karena hanya benar jika produk diperlakukan sesuai dengan kondisi penyimpanan yang dipersyaratkan. Label kedaluarsa ini tidak dapat menginformasikan bagaimana kualitas riil produk jika terjadi kesalahan penanganan produk selama penyimpanan. Sebuah inovasi dikembangkan dengan memberikan label indikator warna yang diletakan baik didalam maupun diluar kemasan. Label ini sensitif terhadap perubahan lingkungan penyimpanan dan akan berubah warna jika lingkungan kemasan tidak memenuhi kebutuhan yang dipersyaratkan dan sekaligus sebagai indikator telah terjadinya perubahan kualitas produk yang dikemas. Aplikasi komersial teknologi seperti ini sangat membantu produsen dan konsumen mengenali kerusakan produk , melacak titik titik kritis keseluruhan rantai suplai dan distribusi produk, sehingga keamanan dan kualitas produk lebih terjamin.

Untuk Pengembanga Produk Fesyen dengan urutan untuk pengembangan Fesyen diutamakan Disign yang Simple, Unigeu dan Stori Telling dengan Material terdiri dari Raw Materials yaitu natural, Syinthetic dan Mix, Sedangkan Material Technic yaitu Made By Machine dan Made by Hand, dan seterusnya tujuan dari Pasar Produk.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Lomba Bercerita Bagi Murid SD/MI Tingkat Provinsi Sumatera Barat

    • Rabu, 17 Mei 2017
    • Rabu, 17 Mei 2017
  • PENAS TANI NELAYAN XV TAHUN 2017

    • Selasa, 02 Mei 2017
    • Jumat, 12 Mei 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh