Expo Potensi Desa Tahun 2016


Post by Badan Pemberdayaan Masyarakat(Badan Pemberdayaan Masyarakat) | Posted on 28 September 2016 10:06:24 WIB | Kegiatan Strategis | 623 kali dibaca


Expo Potensi Desa Tahun 2016

Expo Pameran Potensi Desa Tahun 2016 di buka Sekjen Kemendes tanggal 23 September pukul 19.00 wib di meriahkan oleh Grup Band Wali dan pedangdut kawakan Ikke Nurjanah. Mereka siap menghibur masyarakat ranah minang dalam even Expo Potensi Desa 2016 yang diselenggarakan di Gor Haji Agus Salim Kota Padang, Sumbar 23 s/d 25 September 2016.

Even yang menjadi program unggulan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi ini juga menghadirkan berbagai perlombaan yang mendukung pelestarian budaya lokal. Misalnya lomba tari daerah, permainan alat-alat musik daerah, serta talkshow.
Di arena expo, berjejer 88 stand yang memamerkan berbagai produk daerah. Diantaranya 35 stand yang memamerkan produk UMKM Desa, kemudian 13 stand yang memamerkan program unggulan Kementerian, Pemprov dan SKPD Sumbar, Pemkot SKPD Kota Padang masing-masing 15 stand, Kabupaten di Sumbar/kota/nagari 12 Stand, Pelaku usaha dan perbankan 5 stand, dan pelaku pendidikan 5 stand.

"Expo Potensi Desa ini untuk mendukung pembangunan potensi daerah, promosi dan sosialisasi potensi desa, identifikasi program dan potensi unggulan daerah, serta merangsang terbangunnya produk unggulan di desa-desa berbasis potensi lokal," ujar Sekjen Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi Anwar Sanusi.

Dijelaskan Anwar Sanusi, Expo Potensi Desa 2016 bukan tujuan, melainkan sarana untuk mengangkat potensi daerah dan program unggulan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi.

Pameran ini juga memberi wadah bagi daerah yang memiliki teknologi tepat guna dan program inovatif dalam memajukan desa. Disamping itu, daerah juga bisa mempromosikan produk unggulan daerah dan menarik untuk investasi.
Salah satu budaya lokal Sumatera Barat yang dipertunjukkan di arena Expo Potensi Desa 2016 adalah pencak silat. Seni beladiri khas Indonesia ini termasuk warisan budaya tak benda yang mengakar kuat dalam sendi-sendi budaya anak negeri di tanah Minangkabau, mulai dari pedesaan hingga nagari.

"Silat tak hanya bicara tentang kehebatan olah tanding, namun terlebih lagi bagaimana silat mampu merefleksikan Kerendahan Hati, Kesopanan, dan Kearifan dari seorang manusia,” ujar Irwan Prayitno, Gubernur Sumbar.

Kepala BPM Sumbar Drs. H. Syafrizal, MM mengatakan terkait Expo Potensi Desa menjelaskan di arena menampilkan pameran teknologi dan inovasi, pameran seni dan kerajinan, festival kuliner dan peluang bisnis unggulan dan hal-hal menarik lainnya. Selain itu, ada juga perlombaan lagu minang tingkat SLTA, mewarnai tingkat sekolah TK.

“Pokoknya acaranya bakal meriah, ayo saksikan baramai-ramai ke Expo Potensi Desa. Disamping dapat ilmu dan melihat keunggulan daerah lain, hiburan juga dinikmati,’ kata Syafrizal.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan III Di Lingkungan Pemerintah

    • Selasa, 28 Februari 2017
    • Sabtu, 17 Juni 2017
  • Minang Book Fair 2017

    • Jumat, 24 Februari 2017
    • Minggu, 05 Maret 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh