DKP PROVINSI SUMATERA BARAT ADAKAN SOSIALISASI SIMAIL DI UPTD PPP SIKAKAP


Post by Dinas Kelautan dan Perikanan(NONONG HANUGRAH, A.Md) | Posted on 27 September 2016 08:43:14 WIB | Kelautan dan Perikanan | 522 kali dibaca


DKP PROVINSI SUMATERA BARAT ADAKAN SOSIALISASI SIMAIL DI UPTD PPP SIKAKAP

Kabupaten kepulauan Mentawai merupakan daerah yang rawan terjadinya bencana alam seperti gempa bumi, tsunami dan badai (gelombang laut yang tinggi), bagaimana tidak kepulauan Mentawai yang melewati samudera hindia juga terdapat lempengan yang sangat berpotensi memicu terjadinya gempa bumi dan tsunami. Masyarakat pesisir yang berada di kepulauan Mentawai seperti di kecamatan sikakap yang kesehariannya mencari sumber penghidupan di laut tidak pernah memikirkan resiko apa yang ditimbulkan pada saat mereka melaut, hal ini dikarenakan keterbatasan sistem informasi dan teknologi dalam menangkap ikan di laut.

Bentuk perhatian Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat terhadap kondisi masyarakat pesisir di kecamatan sikakap terutama bagi para nelayan yang kesehariannya beraktivitas dengan laut diadakannya Sosialisasi SIMAIL. SIMAIL merupakan Sistem Informasi Mitigasi bencana, Adaptasi Perubahan iklim dan Lingkungan di lingkungan sektor kelautan dan perikanan. SIMAIL bertujuan untuk melakukan mitigasi bencana dengan memberikan informasi melalui sitem aplikasi SIMAIL yang kemudian di sebar ke masyarakat dengan cara broadcash melaui SMS dan Text berjalan. keberadaan SIMAIL dikarenakan minimnya informasi terkait bencana dan dampak perubahan iklim (kenaikan paras muka air laut, banjir, rob, gelombang ekstrim, gempa bumi, tsunami, dll) menyebabkan meningkatnya resiko korban dan kerugian pada nelayan, pelaku usaha dan masyarakat pesisir. Sasaran dari program SIMAIL ini adalah masyarakat pesisir dan nelayan (nelayan tangkap, pembudidaya, pelaku usaha bahari dll) yang memiliki keterbatasan akses informasi terkait bencana, perubahan iklim dan lingkungan.

Kegiatan sosialisasi SIMAIL ini dilaksanakan pada hari rabu tanggal 31 Agustus 2016 bertempat di aula UPTD PPP Sikakap. Sasaran kegiatan ini adalah para pemangku kebijakan di daerah sikakap yang tergabung dalam MUSPIKA sikakap diantaranya camat, polsek, dendramil, airut, kamla, kesyahbandaran, kepala desa. Selain itu sasaran utama kegiatan ini adalah pelaku perikanan diantaranya nelayan tangkap, pembudidaya serta pelaku usaha bidang perikanan. Hadir pada kegiatan ini kasubdit mitigasi bencana dan adaptasi perubahan iklim KKP Bapak Dr Hendra Yusran Siry yang memberikan materi dan sosialisasi tentang SIMAIL dan  Kepala Bidang KP3K DKP Prov Sumbar Bapak Ir. Alber Krisdiarto, M.Si yang menyampaikan materi tentang mitigasi bencana.

Selain didukung dengan SIMAIL, UPTD PPP Sikakap didukung dengan adanya running text (tex berjalan) yang di fungsikan juga sebagai informasi cuaca dan iklim. Running text di pasang di depan kantor syahbandar yang bisa di lihat oleh masyarakat umum dan nelayan yang bersandar di pelabuhan.

By : Cici Anggara, S.Pi.MP


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • SEMINAR SASTRA DALAM RANGKA MENINGKATKAN PEMAHAMAN GENERASI MUDA TENTA

    • Kamis, 27 Juli 2017
    • Kamis, 27 Juli 2017
  • Penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara Pemerintah Provinsi Sumater

    • Rabu, 21 Juni 2017
    • Rabu, 21 Juni 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh