TEMU USAHA PENGEMBANGAN PASAR PRODUK IKM DI SURABAYA


Post by Dinas Perindustrian dan Perdagangan(BUDI SETIAWAN, ST, M.Si) | Posted on 24 Agustus 2016 11:41:38 WIB | Industri dan Perdagangan | 440 kali dibaca


TEMU USAHA PENGEMBANGAN PASAR PRODUK IKM DI SURABAYA

TEMU USAHA PENGEMBANGAN PASAR PRODUK IKM DI SURABAYA

Temu Usaha merupakan salah satu kegiatan Promosi dan Pemasaran dalam membantu Pengembangan pasar produk IKM. Temu usaha Pengembangan Pasar adalah mempertemukan para pelaku Usaha IKM dengan Stakeholder terkait. Kegiatan ini selain dilaksanakan di Provinsi Sumatera Barat juga dilaksanakan di Surabaya Jawa Tmur.

Kegiatan Temu usaha Pengembangan Pasar di Surabaya dilaksanakan Pada tanggal 10 Agustus bertempat di Ruangan Pertemuan Metrologi Dinas Perindag Provinsi Jawa Timur di Surabaya, dihadiri oleh Stake holder terkait, Palaku Usaha dari Surabaya dan Pelaku Usaha dari Sumatera Barat berjumlah 7 pelaku usaha Industri Kecil dan Menegah IKM ) makanan dan kerajinan Tekstil a.l :

  1. Yefrizal Pimpnan IKM Rubik Ganevo dari Kabupaten 50 Kota
  2. Eva Milza Pimpinan Perusahaan Rendang Asese dari Kota Padang
  3. Winda Manager Keripik Balado Ummi Aua Hakim dari Kota Bukittinggi
  4. Herliyanti B Pimpinan Rumah Mukenah Fanadiq dari Kab. 50 Kota
  5. Indriyanto Pimpinan IKM sonket Mutiara I dah dari Kta Bukittinggi
  6. Fitrinawati Pimpinan UIKM Sulaman Mayang dari Kota Pariaman
  7. Yetmira Yusni Pimpinan IKM Sulaman Hisyam dari Kaupaten Agam

Temu Usaha ini dibuka oleh Kepala Dinas Perindag Provinsi Jawa Timur diwakili oleh Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Bapak DR. IR. Drajat Irawan, SE,SH,MT dengan memaparkan Potensi Jawa Timur diberbagai Aspek. Serta Kinerja Perdagangan Jawa Timur.

Setelah paparan oleh Kepala Bidang Perdaganagan dalam Negeri Jawa Timur dilanjutkanan dengan Nara sumber Suksesi di Bidang Produk makanan oleh Ir. Kristiawan pengusaha Keripik buah yang pasarnya telah merambah ke berbagai belahan dunia, yang dapat memotifasi para pelaku usaha yang hadir.

Berikutnya juga dilanjutkan dengan Suksesi dari pelaku Usaha Kerajinan Tekstil yaitu Dra. Trusti Henartiwi , M.Si   bergerak di Bidang Sulaman ( MS, Sulam )sebuah Brand Produk Piranti Rumah Tangga dengan aksen sulam tradisional karya seni bernilai tinggi dengan kekuatan jarum , benang, visi, filosofi dan kecintaan akan budaya bangsa yang akan mampu menjadi warisan Indonesia untuk dunia.

Kemudian dilanjutkan dengan Temu Usaha, yang memperkenalkan Produk dari Sumatera Barat kepada para pelaku usaha dan Nara sumber dari Surabaya. Dalam Temu usaha terjadi beberapa kesepakatan diantaranya Mukenah Kerancang Fanadiq dari Sumatera Barat dengan MS Sulam dari Jawa Timur untuk tahap pertama produk yang dibawa oleh Fanadiq langsung dibeli yaitu berupa Mukenah dan baju koko disamping itu juga terjadi kerjasama dengan Hisyam Sulaman dari Sumatra Barat yaitu berupa Jilbab yang langsung dibeli untuk 1 kodi. Sedangkan untuk songket juga terjadi kerjasama dengan Vita Collections dari Surabaya . Sedangkan produk makanan semua yang dibawa langsung habis dibeli oleh peserta dan tindak lanjut pemasarannya belum terlihat yang akan melakukan nya, namun infomasi tentang produk makanan sudah disampaikan dan sudah cukup dikenal terutama produk Keripik Balado , aneka rendang dan makanan lainnya.

Disamping pelaku usaha Produk makanan dan tekstil, juga hadir pelaku usaha Hasil bumi dan Eksportir dan para pelaku usaha ini juga mengingin perdangan antar pulau dari produk hasil bumi dan eksportir seperti : Pinang, Kayu manis, Kapulaga, arang temputung, Tulang sapi, kerbau dan kambing. Kentang dan jagung juga menjadi prioritas mereka, namun semua itu tergantug harga.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara Pemerintah Provinsi Sumater

    • Rabu, 21 Juni 2017
    • Rabu, 21 Juni 2017
  • Pemilihan Arsiparis Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat

    • Kamis, 22 Juni 2017
    • Kamis, 22 Juni 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh