Sumatera Barat Borong Sejumlah Penghargaan Lingkungan


Post by Dinas Lingkungan Hidup(CITRA APRO AMOR, S.Si) | Posted on 29 Juli 2016 12:33:07 WIB | Lingkungan | 1123 kali dibaca


Sumatera Barat Borong Sejumlah Penghargaan Lingkungan

     Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Se-Dunia diselenggarakan di Kabupaten Siak Provinsi Riau pada Jumat 22 Juli 2016 yang dihadiri oleh Bapak Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dengan mengambil tema  “Selamatkan Tumbuhan dan Satwa Liar Untuk Kehidupan”.  Selain penyerahan berbagai penghargaan, juga dilakukan penandatanganan MoU tentang pengembangan pendidikan lingkungan hidup oleh Menteri Dalam Negeri, Menteri Agama, Menteri Riset Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Wakil Presiden RI Jusuf Kalla berpesan kepada seluruh masyarakat yang ada di Indonesia untuk senantiasa menjaga keseimbangan alam. Hal itu dapat dilakukan dengan menyelamatkan tumbuhan dan satwa liar untuk kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang.

      Dalam rangkaian Peringatan Hari  Lingkungan Hidup se-Dunia Tahun 2016 di Siak Provinsi Riau Sumatera Barat menerima sejumlah penghargaan lingkungan. Selain Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, pemerintah Kabupaten/Kota, sekolah, masyarakat maupun stakeholder  juga menerima penghargaan atas jasa pengabdiannya dalam melakukan upaya pengelolaan lingkungan hidup di wilayahnya sehingga dinilai layak untuk mendapatkan penghargaan sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah.  

      Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno merasa gembira atas apresiasi dari pemerintah pusat ini karena selain Nirwasita Tantra Award, berbagai penghargaan lingkungan lainnya juga diperoleh Provinsi  Sumatera Barat pada tahun ini seperti Penghargaan Kalpataru, Adiwiyata Mandiri, dan penghargaan Adipura. Selain itu Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengemukakan bahwa prinsip-prinsip pelaksanaan pembangunan dalam semua sektor harus berlandasan pembangunan yang berwawasan lingkungan karena itu tata ruang sebagai landasannya utamanya harus menjadi pedoman kita. Dengan penghargaan lingkungan ini tentunya akan  mendorong daerah semakin termotivasi dalam pengelolaan lingkungan untuk lebih baik kedepannya dan berbagai persoalan lingkungan terkait dengan pencemaran air dan kerusakan lingkungan harus dapat kita atasi. Irwan juga  optimis bahwa dengan  semakin meningkatnya kondisi kualitas lingkungan di daerah menunjukkan peran masyarakat berserta stakeholder terkait juga meningkat dan semakin mendorong terciptanya kualitas lingkungan hidup yang lebih baik. Orang nomor satu Sumatera Barat tersebut berharap janganlah penghargaan ini menjadikan kita terlena dengan peraihan saat ini karena bagaimanapun juga daerah-daerah lain secara pasti juga akan  berbuat dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidupnya.

 

 

 

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh