Satpol PP Sumbar Siap Mengamankan Arus Mudik dan Balik Lebarang


Post by Satuan Polisi Pamong Praja(AFIF AFDISYA) | Posted on 21 Juni 2016 14:01:41 WIB | Berita Terkini | 647 kali dibaca


Satpol PP Sumbar Siap Mengamankan Arus Mudik dan Balik Lebarang

“Pemprov Sumbar akan mengawasi jalur pemudik yang akan melewati titik rawan terhadap tanah longsor dan rawan kemacetan serta kecelakaan lalu lintas, kepada para pengguna jalan agar berhati-hati saat dalam perjalanan masuk Padang maupun keluar dari Sumbar

Satpol PP Sumbar, Padang --- Jelang arus mudik lebaran Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk  memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat terutama yang akan mudik kekampung halamannya , Pemprov Sumbar sudah menyiapkan alternatif kenyamanan masyarakat dalam mudik lebaran.

Sesuai yang disampaikan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada Rapat di Gubernuran, Senin (20/6/2016) yang didampingi oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi Kepala Dinas Prasjal Tarkim Sumbar Suprapto, Kadishub Kominfo Sumbar Amran, Plt. Kasatpol PP Sumbar Abdul Rahmandan Instansi terkait lainnya.

Saat ini Sumbar harus tetap mewaspadai ancaman bencana banjir, terutama bagi wilayah yang rawan tanah longsor, adapun daerah yang rawan longsor yaitu seperti di sejumlah wilayah Sumbar masing-masing kawasan Bukit Lampu Kecamatan Bu­ngus, Kota Padang, Lembah Anai Kabupaten Tanahdatar, Palupuh, Kabupaten Agam, Muaro Cubadak, Kecamatan Rao dan Panti, Kabupaten Pasaman, Kelok 9 dan Pang­kalan serta Tanjung Balit, Kabupaten 50 Kota, Talu, Kabupaten Pasaman Barat, Lubuk Sao, Kelok 44 dan Bukik Apik, Kabupaten Agam. Sei Landia, Panorama 1, Panorama 2, Lubuk Selasih, Kayu Aro dan Air Dingin, Kabupaten Solok Selatan. Selain itu, Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung dan jalan Padang–Solok di kawasan Sitinjau Laut dan jalur Sicincin–Malalak.

Kepala Dinas Prasarana Jalan dan Tata Pemukiman (Disprasjaltarkim) Sumbar Suprapto untuk mengantisipasi bencana longsor yang tidak menimbulkan kemacetan, kami akan mengerahkan puluhan alat berat yang siap dioperasikan begitu tanah longsor menutupi badan jalan, alat berat tersebut ditempatkan di sejumlah titik di dekat lokasi berpotensi longsor, dan sekaligus mempersiapkan jalur alternatif dengan dukungan dari pemerintah kabupaten/kota, sebagai antisipasi kepadatan kendaran selama mudik dan balik lebaran.

Terkait banyaknya, pasar tumpah dan jalan sempit berada di ruas jalan yang dilewati, membuat para pemudik akan mengalami kemacetan selama dalam perjalanan, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Sumbar Amran, akan mempersiapkan petugas pada titik-titik rawan kemacetan dengan menerjunkan tim gabungan dari instansi terkait baik dari provinsi maupun dari kabupaten/kota di Sumbar untuk membantu mengurai kemacetan.

Sementara itu Plt. Kasatpol PP Sumbar Abdul Rahman mengatakan akan menyiagakan personil sebanyak 95 setiap titik yang dianggap rawan terjadinya pelanggaran yang menghambat jalur pemudik dan akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik, anggota Satpol PP akan tetap siaga dan tidak diperkenankan libur (cuti) pada saat puasa dan lebaran nanti.

(by Novear)

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penyerahan Penghargaan Literasi dan Rapat Koordinas Bidang Perpustakaa

    • Jumat, 20 Oktober 2017
    • Jumat, 20 Oktober 2017
  • Penandatanganan Kesepakatan Gerakan Nasional Tertib Arsip

    • Kamis, 14 September 2017
    • Kamis, 14 September 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh