Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat Selenggarakan Diklat Fungsional Rancang Bangun Kurikulum


Post by Badan Pendidikan dan Latihan(Badan Pendidikan dan Latihan) | Posted on 16 Juni 2016 13:49:15 WIB | Artikel | 523 kali dibaca


Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat Selenggarakan Diklat Fungsional Rancang Bangun Kurikulum

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat  melalui Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat berinovasi dan terus berupaya meningkatkan kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Meningkatkan kualitas ASN tersebut sangat berkaitan dengan Kurikulum yang diterapkan.

Oleh sebab itu, sebelum dilakukan pembuatan kurikulum baru yang lebih baik, maka diberikan pendidikan dan pelatihan Fungsional Rancang BangunPenyusunan Kurikulum bagi Widyaiswara/Pejabat di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, 14 s/d 21 Juni 2016 di Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat.

Pembukaannya dilakukan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat yaitu:  DR. H. Ali Asmar , M.Pd, dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang, Ali Asmar mengatakan tantangan dan persaingan semakin hebat kedepan, sehingga ASN harus semakin meningkatkan kualitas diri melalui berbagai pelatihan. Widyaiswara sebagai pejabat fungsional yang mempunyai tugas dan tanggungjawab mendidik, mengajar dan melatih ASN pada Lembaga Diklat Pemerintah.

Artinya harus mampu meningkatkan kualitas bidang profesional di ranah akademik secara berkesinambungan. Lebih jauh disebutkannya, pengembangan profesi melalui Diklat Rancang Bangun Kurikulum mendorong para Widyaiswara untuk memperkaya wawasan dan pendalaman penguasaan kompetensi profesional Widyaiswara, sekaligus sebagai suatu alat atau usaha dalam mencapai tujuan diklat menuangkan gagasan dan pengetahuan.

Dalam Diklat, yang paling sulit itu merubah karakter, ini akan  menjadi salah satu tujuan pokok Diklat ASN. Sekda berpesan, Kurikulum yang akan dibuat dalam rancang Bangun Kurikulum, maka harus effisien, efektif, relepan dan flesibel.

Kurikulum yang baik harus mampu membuat peserta didik mampu berkumunikasi, nberfikir kritis dan kreatif, saran Sekda Prov. Sumbar.

Pada tempat yang sama Kepala Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat H. Rosman Effendi, SE, SH, MM menjelaskan tujuan dari kegiatan tersebut untuk meningkatkan kualitas pemahaman mengenai penyusunan kukrikulum dan penerapannya dalam pelaksaaan Diklat.

Lalu meningkatnya kemampuan dalam menentukan Mata Diklat yang sesuai dengan yang akan dilaksanakan dan sejalan dengananalisis kebutuhan Diklat serta mampu meningkatkankomptetensi dan pengetahuan peserta Diklat.

Sasaran yang hendak dicapai dari tujuan pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Rancang Bangun Kurikulum terwujudnya Aparatur Sipil Negara yang berkopeten dan mampu lakukan penyusunan kurikulum Diklat . (sumber : Harian Singgalang)

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penyerahan Penghargaan Literasi dan Rapat Koordinas Bidang Perpustakaa

    • Jumat, 20 Oktober 2017
    • Jumat, 20 Oktober 2017
  • Penandatanganan Kesepakatan Gerakan Nasional Tertib Arsip

    • Kamis, 14 September 2017
    • Kamis, 14 September 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh